Mudik Lebaran 2024, Menkopolhukam Pastikan Keamanan Pemudik di Pelabuhan Merak Terjamin

Mudik Lebaran 2024, Menkopolhukam Pastikan Keamanan Pemudik di Pelabuhan Merak Terjamin

Berita Utama | pandeglang.inews.id | Senin, 1 April 2024 - 01:00
share

MERAK, iNewsPandeglang.id - Menkopolhukam Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Panglima TNI Agus Subiyanto melakukan peninjauan di Pelabuhan Merak, Banten pada Senin (1/4/2024) untuk memastikan kesiapan dan menjamin pengamanan selama pelayanan libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H di lintas penyeberangan tersibuk Merak-Bakauheni yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera, diperkirakan akan terjadi lonjakan penumpang yang signifikan.

Dalam tinjauannya, Menkopolhukam Hadi Tjahjanto memastikan pos keamanan, pos layanan, dan pos terpadu telah disiapkan dengan baik di sepanjang jalur mudik menuju Merak. "Hari ini sudah dikoordinasikan dan diuji coba, semua sudah dalam kondisi baik," jamin Hadi, Menkopolhukam, memastikan bahwa kesiapan tersebut akan menjamin keamanan para pemudik.

Hadi, menyampaikan harapannya bahwa perjalanan mudik tahun ini dapat berjalan dengan aman, dengan adanya dukungan dari berbagai pihak untuk menjaga kelancaran arus mudik. Dia juga mengimbau pemudik untuk menggunakan rest area dan fasilitas yang telah disediakan untuk istirahat demi mengurangi tingkat lelah dan jenuh.

Kapolri Listyo Sigit turut mengingatkan potensi kejadian darurat di lapangan saat arus mudik, mengapresiasi upaya ASDP yang telah meningkatkan prasarana, sarana, pelayanan, dan fasilitas di Pelabuhan Merak, serta mendukung imbauan Presiden untuk mudik lebih awal guna menghindari puncak arus mudik.

"Masyarakat bisa mengatur waktu untuk menghindari puncak-puncak mudik. Yang biasanya melaksanakan kegiatan di malam hari, agar bisa bergeser ke siang hari," tegas Listyo,

Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi menegaskan pentingnya delaying system dalam mengatur volume arus dan memastikan kendaraan sudah bertiket.

"Salah satu kunci sukses dalam penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun lalu adalah penerapan sistem delaying. Ini sangat penting karena berfungsi utama untuk mengatur volume arus dan memastikan kendaraan sudah memiliki tiket. Meskipun jumlahnya kecil, masih ada beberapa yang berusaha melakukan perjalanan tanpa tiket," ungkap Ira.

Topik Menarik