7 Oleh-oleh Khas Cirebon yang Banyak Diburu saat Mudik Lebaran, Kerupuk Melarat Jadi Favorit

7 Oleh-oleh Khas Cirebon yang Banyak Diburu saat Mudik Lebaran, Kerupuk Melarat Jadi Favorit

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 30 Maret 2024 - 13:05
share

Oleh-oleh khas Cirebon yang banyak diburu saat mudik Lebaran sangat beragam. Masing-masing oleh-oleh tersebut memiliki cita rasa dan keunikan tersendiri yang membuatnya menjadi favorit para wisatawan.

Tak sedikit masyarakat yang memang mudik Lebaran ke Cirebon atau sekadar melewati kota ini saat dalam perjalanan ke kampung halaman, membeli oleh-oleh tersebut untuk keluarga tercinta. Ini tampak dari padatnya sejumlah pusat kuliner atau oleh-oleh.

Menariknya, oleh-oleh yang ditawarkan Cirebon sebagai buah tangan sangat beragam. Mulai dari terasi hingga kerupuk yang mempunyai rasa, tekstur hingga nama unik dan lezat. Lantas apa saja oleh-oleh tersebut?

Oleh-oleh Khas Cirebon yang Banyak Diburu saat Mudik Lebaran

Berikut oleh-oleh khas Cirebon yang banyak diburu saat mudik Lebaran dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu (30/3/2024).

1. Kue Gapit

Foto/Tokopedia

Meskipun memiliki nama kue gapit, camilan khas Cirebon satu ini justru lebih mirip kerupuk karena bentuknya yang tipis dan teksturnya yang sangat renyah. Sekilas bentuk kue ini mirip seperti waffle namun lebih tipis.

Dengan banyaknya varian rasa dari kue gapit mulai dari rasa keju, bawang, hingga kencur dan original, Anda bisa menjadikan camilan tradisional asal Cirebon ini sebagai oleh-oleh saat mudik.

2. Kerupuk Rambak

Foto/Tokopedia

Bagi Anda penggemar kuliner kerupuk, maka oleh-oleh ini bisa jadi pilihan yang pas. Kerupuk rambak adalah olahan kerupuk khas Cirebon yang kerap disajikan bersama empal gentong yang juga merupakan makanan khas Cirebon.

Namun, Anda juga bisa menemukan kerupuk ini dijual terpisah untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Cirebon.

3. Cirebon Sultana

Foto/Instagram Cirebon Sultana

Ketika menyambangi Cirebon, kurang lengkap rasanya jika Anda tidak mencicipi dan membungkus kue kekinian, Cirebon Sultana. Kedai milik Indra Bekti ini sudah eksis di Cirebon sejak Maret 2017. Meski populer karena nama pemiliknya, cita rasa yang ditawarkan kue ini tak boleh Anda pandang sebelah mata.

Mulai dari sultana blueberry, sultana mangga, hingga sultana choco banana adalah beberapa jenis menu yang bisa Anda pilih.

4. Kerupuk Melarat

Foto/Wikipedia

Meskipun namanya melarat, jajanan khas Cirebon satu ini memiliki rasa yang gurih. Dinamakan demikian karena kerupuk ini tidak digoreng menggunakan minyak goreng, melainkan dengan pasir dengan cara disangrai.

Tak perlu khawatir akan kebersihannya karena pasir yang digunakan sudah melalui proses pengayakan. Selain itu, pasir juga akan dipanaskan lebih dulu untuk menghilangkan segala bakteri.

5. Jambal Roti

Foto/Happy Fresh

Berada di daerah Pantura, membuat Cirebon sangat khas dengan oleh-oleh ikan. Salah satunya jambal roti alias ikan asin. Makanan hasil olahan laut tersebut banyak digemari para pemburu oleh-oleh saat mudik Lebaran.

Rasa asinnya yang pas, serta olahan yang tidak basi saat dibawa di mobil membuat para wisatawan tak pernah absen membeli ikan asin ini.

6. Sirup Tjampolay

Foto/Tokopedia

Telah ada sejak 1936, Sirup Tjampolay adalah salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang melegenda. Memiliki cita rasa manis yang khas, sirup ini memiliki banyak sekalian varian rasa dan kerap digunakan untuk melengkapi berbagai sajian minuman mulai di warung-warung makan hingga restaurant dan hotel.

Dengan harga yang cukup terjangkau, tak heran banyak yang menjadikan Sirup Tjampolay sebagai salah satu oleh-oleh saat berkunjung ke Cirebon.

7. Terasi Udang Cirebon

Foto/Tokopedia

Sebagai Kota Udang, pastinya Cirebon menghadirkan berbagai produk dari olahan udang, salah satunya terasi udang. Bumbu masak satu ini 100 persen terbuat dari udang rebon pilihan yang menghasilkan rasa khas.

Oleh-oleh satu ini tentu cocok bagi kerabat atau keluarga yang gemar memasak. Pasalnya, terasi akan menjadi penyedap rasa yang cukup nikmat.

Topik Menarik