Puncak Mudik di Bandara Sultan Hasanuddin Diprediksi H-3, Sehari Bisa Tembus 38 Ribuan Orang

Puncak Mudik di Bandara Sultan Hasanuddin Diprediksi H-3, Sehari Bisa Tembus 38 Ribuan Orang

Berita Utama | inews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 05:00
share

MAKASSAR, iNews,id - Manajemen Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan terus berbenah menyambut musim mudik Lebaran 2024 (Idul Fitri 1445) Hijriah. Libur Idul Fitri kali ini deprediksi puncak arus mudik terjadi H-3 lebaran.

Selain prediksi puncak arus mudik, juga diperkirakan jumlah penumpang mencapai 530.000 orang yang menggunakan Bandara Sultan Hasanuddin selama libur lebaran dan arus mudik.

"Kami prediksi H-3 sebelum hari lebaran, itu sudah puncak-puncak arus mudik. Kami prediksi bisa tembus sampai 38 ribuan pengguna jasa dalam sehari, ujar General Manager Bandara Sultan Hasanuddin PT Angkasa Pura I, Taochid Purnomo Hadi saat buka puasa bersama, Kamis (28/3/2024).

Dia menyarankan, para pengguna jasa datang lebih awal. "Kami juga menyarankan kepada pengguna jasa agar datang lebih awal. Kami berharap 2-3 jam jadwal terbang itu sudah ada di bandara, ucapnya.

Selama musim arus mudik lebaran, pihaknya menurunkan 592 personel yang akan bertugas di posko mudik Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

"Untuk personel, kita mempersiapkan sekitar 592 orang. Nantinya mereka akan bergantian berjaga di dua posko arus mudik yang disiapkan di tempat kedatangan dan keberangkatan, katanya.

Dia menyampaikan, pembukaan posko itu sesuai dengan perintah Kementerian Perhubungan. Berbeda dari tahun sebelumnya, jumlah posko yang disiapkan ada dua, di area keberangkatan dan kedatangan.

Penambahan posko tersebut, lanjut dia setelah melihat banyaknya jumlah penumpang di area kedatangan dibanding area keberangkatan. Sebaliknya usai lebaran, jam terbang menuju luar kota lebih banyak dari yang datang," ujarnya.

Sementara untuk arus balik akan dimulai sekitar 18 April 2024, atau H+7 lebaran. Jumlah penumpang nanti diprediksi bisa sampai 40 ribuan dalam sehari, yang terpusat di area keberangkatan," katanya.

Saat ini, kata dia penumpang di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sudah mencapai 23.000-24.000 per hari, dan diprediksi akan terus meningkat hingga puncak mudik.

Topik Menarik