Catat! Ini Waktu Terjadinya Gerhana Bulan Penumbra pada 25 Maret 2024

Catat! Ini Waktu Terjadinya Gerhana Bulan Penumbra pada 25 Maret 2024

Berita Utama | bandungraya.inews.id | Minggu, 24 Maret 2024 - 01:30
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Besok, Senin (25/3/2024) akan terjadi peristiwa fenomena gerhana bulan penumbra yang bisa disaksikan masyarakat Indonesia.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut durasi gerhana penumbra dari fase mulai hingga berakhir adalah 4 jam 43 menit 39 detik.

Dari keterangan BMKG, gerhana bulan penumbra terjadi ketika posisi matahari-bumi-bulan sejajar. Hal ini menyebabkan bulan hanya memasuki bayangan penumbra bumi. Akibatnya, pada puncak gerhana, bulan terlihat redup dibandingkan dengan saat purnama.

Gerhana bulan penumbra ini merupakan anggota ke 64 dari 71 anggota pada seri Saros 113. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah gerhana bulam Penumbra14 Maret 2006.

BMKG menyatakan meski melintas di Indonesia, keseluruhan fase gerhana bulan penumbra ini tidak akan bisa teramati jelas di sebagian besar wilayah Indonesia.

Gerhana bulan penumbra di Indonesia terjadi bersamaan dengan waktu terbit Bulan. Wilayah Papua, Papua Barat, dan sebagian Maluku menjadi lokasi terbaik untuk mengamati seluruh proses gerhana bulan tersebut dari sejak bulan terbit hingga gerhana berakhir selama total 4 jam 43 menit 39 detik.

Sementara pengamat yang berada di banyak daerah lain di Indonesia tidak akan bisa mengamati seluruh fase gerhana bulan penumbra karena bulan masih di bawah horizon saat peristiwa tersebut terjadi.

Daerah tersebut meliputi Maluku Utara, sebagian Maluku, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, NTT, NTB, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat.

Lalu, ada Jawa Timur, Jawa Tengah, D1 Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Sumatera Selatan, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Utara, dan Aceh.

Adapun di wilayah Jawa Barat yang masuk dalam zona Waktu Indonesia Barat (WIB), gerhana bulan penumbra akan terjadi mulai pukul 11.50 WIB, puncak gerhana pukul 14.12 WIB, dan akan berakhir pada 16.34 WIB.

Sebagai informasi, gerhana bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah gerhana bulan penumbra 5 April 2042, yang juga akan dapat diamati dari Indonesia.

Topik Menarik