PeaceSantren Kemenag RI Hadir di Pesantren Musaddadiyah Garut

PeaceSantren Kemenag RI Hadir di Pesantren Musaddadiyah Garut

Berita Utama | garut.inews.id | Sabtu, 23 Maret 2024 - 22:23
share

GARUT, iNewsGarut.id – PeaceSantren merupakan kegiatan dari Kementerian Agama Republik Indonesia dalam rangka memperkuat persatuan di kalangan pesantren pada bulan Ramadhan ini, dan pesantren Musaddadiyah dipilih menjadi tujuan ketiga yang dikunjungi.

Kegiatan perdana ini dilangsungkan selama bulan Ramadhan yang dimulai pada tanggal 16 Maret 2024 di pesantren Azziyadah, Jakarta Timur, pesantren Bahrul Ulum di Tambak Beras pada 20 Maret 2024.

Kemudian pesantren Musaddadiyah di Garut Jawa Barat pada 23 Maret 2024, pesantren Sunan Pandanaran di DIY Yogyakarta pada 27 Maret 2024, dan ditutup di pesantren Raudhatul Thalibin di Rembang Jawa Tengah pada 30 Maret 2024.

Dalam kegiatan tersebut Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama RI, Muhammad Ali Ramdhani menyampaikan ada tiga momentum yang dibawa oleh PeaceSantren yaitu bulan Ramadhan, pesantren, dan seni melalui musik.

“Maka ada 3 momentum yang ingin dibawa oleh pesantren, yang pertama adalah bulan Ramadhan yang beberapa kyai menyebutnya sebagai shibghatallah.

 

Kedua adalah pesantren, pesantren ini adalah sebuah tempat yang penuh dengan ruang ruang kedamaian. Terakhir bahwa kita hari ini menghadirkan musik, jadi setelah Ramadhan pesantren musik seni adalah bagian dari cara manusia untuk menghaluskan budi dan rasa,” katanya.

Dijadikan sebagai momen ngabuburit, PeaceSantren bertujuan memberikan perdamaian terhadap banyaknya polemik yang ada di Indonesia saat ini.

Membawakan tema ‘Pesan Damai dari Pesantren’, acara ini juga dimeriahkan oleh grup musik Gigi yang membawakan lagu-lagunya yang berisi pesan perdamaian. 

Topik Menarik