Tabrakan Tongkang vs Kapal Barang di Sungai Mahakam, Balita dan Seorang ABK Hilang

Tabrakan Tongkang vs Kapal Barang di Sungai Mahakam, Balita dan Seorang ABK Hilang

Berita Utama | kutai.inews.id | Sabtu, 23 Maret 2024 - 15:20
share

TENGGARONG, iNewsKutai.id - Kapal pengangkut bahan bangunan KM Berkat Indah bermuatan lima orang bertabrakan dengan kapal tongkang Finacia 35 yang ditarik Tugboat Entebe Emerald 51 pada Sabtu (23/3/2024) sekitar pukul 04:10 WITA.

Tabrakan ini mengakibatkan seorang balita berusia 3 tahun, Muhammad Abizal dan seorang, Aziz dilaporkan hilang dalam tabrakan yang terjadi di Sungai Mahakam tepatnya di perairan Desa Muara Wis, Kecamatan Muara Wis, Kutai Kartanegara.

Sementara tiga penumpang KM Berkat Indah yakni Bahrianur dan istrinya Nursidah serta seorang ABK Ferdiansyah berhasil diselamatkan. Tabrakan terjadi saat kapal dalam perjalanan dari Kota Samarinda.

Detik-detik KM Berkat Indah bahkan terekam kamera awak kapal tugboat. dalam rekaman terlihat kapal nahas tersebut melintang di depan tongkang yang sedang melaju.

Seorang awak terlihat berjalan di tengah kapal sebelum tenggelam. Kru kapal tug boat sempat berusaha mengendurkan tali penarik tongkang namun KM Berkat Indah keburu tenggelam tertabrak.

Informasi yang dihimpun, saat kejadian kedua kapal sama-sama bergerak ke arah hulu. KM Berkat Indah diketahui hendak menuju Mahakam Ulu membawa bahan bangunan.

Sebelum tabrakan, kedua kapal berjalan bersisian. Diduga karena arus deras, KM Berkat Indah terseret air dan menuju bagian depan tongkang yang sedang melaju.

Namun, hingga berita ini diturunkan, belum diketahui pasti penyebab tabrakan kedua kapal di alur pelayaran Sungai Mahakam tersebut. Sementara dua korban yang hilang masih dalam proses pencarian tim SAR gabungan.

Topik Menarik