Menpora Dito Ariotedjo Tegaskan PON 2024 Tetap Digelar di Sumut dan Aceh

Menpora Dito Ariotedjo Tegaskan PON 2024 Tetap Digelar di Sumut dan Aceh

Berita Utama | bandungraya.inews.id | Rabu, 20 Maret 2024 - 10:40
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo memastikan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Tahun 2024 akan diselenggarakan di Aceh dan Sumatera Utara (Sumut).

Dalam rapat kerja Komisi X dengan Menpora di ruang sidang Komisi X, Senayan, Jakarta, Selasa (19/3), DPR ingin memastikan apakah PON 2024 benar-benar akan digelar di Aceh dan Sumut pada tahun ini setelah muncul isu terkait kendala anggaran.

Menanggapi hal tersebut, Menpora Dito menyatakan dirinya sudah mengundang Pj Gubernur Aceh beserta DPR Aceh (DPRA) dalam suatu pertemuan pada Maret. Dari pertemuan tersebut terjadi kesepakatan pihak legislatif dan eksekutif Aceh tetap mengawal dan mendukung PON.

Adapun terkait isu-isu lokal terkait polemik penyelenggaraan dan anggaran, menurutnya hal tersebut sudah terselesaikan.

"Dan Alhamdulillah per 18 Maret, DPR Aceh sudah mengetok APBA terkait pelaksanaan PON di Aceh 2024, jadi sudah tidak ada kebuntuan dan kebuntuan terkait anggaran lokal," ucap Dito, dikutip dari laman resmi Kemenpora RI, Rabu (20/3/2024).

 

Terkait anggaran, Dito menegaskan masih memprioritaskan menggunakan sumber dana Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN) untuk penyelenggaraan PON secara keseluruhan agar tidak mengganggu program-program prestasi lainnya.

“Memang perlu diakui ini merupakan PON perdana yang dilaksanakan dua provinsi sekaligus. Masing-masing provinsi memiliki kebanggaannya tersendiri. Aceh dan Sumut ingin dua-duanya sebagai penyelenggara yang adil,” lanjutnya.

Menpora juga mengingatkan bahwa selain PON, juga akan digelar Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) di kedua provinsi tersebut. Dengan berkoordinasi dengan berbagai instansi ia memastikan, kedua agenda tersebut akan berjalan dengan lancar dan sukses.

“Saya sampaikan PON dan Peparnas tetap di 2024,” tutup Dito. 

Topik Menarik