Diduga Terima Gratifikasi, Presiden Peru Dina Boluarte Dibidik Jaksa

Diduga Terima Gratifikasi, Presiden Peru Dina Boluarte Dibidik Jaksa

Berita Utama | inews | Selasa, 19 Maret 2024 - 17:54
share

LIMA, iNews.id Jaksa di Peru meluncurkan penyelidikan terhadap Presiden Dina Boluarte atas dugaan memperkaya diri secara ilegal. Sang presiden juga diduga menerima gratifikasi berupa jam tangan mewah yang tidak diumumkannya ke publik.

Kantor Kejaksaan Nasiona telah mengizinkan dimulainya proses pendahuluan terhadap Dina Ercilia Boluarte Zegarra, Presiden Republik (Peru), sehubungan dengan dugaan memperkaya diri secara ilegal dan kegagalannya untuk memasukkan informasi mengenai penggunaan jam tangan Rolex dalam pernyataan, tulis Kantor Kejaksaan Nasional Peru di platform media sosial X pada Selasa (19/3/2024).

Dikatakan bahwa pihak berwenang ingin mengetahui apakah barang mewah tersebut dibeli secara sah atau memang bukti adanya pengayaan secara ilegal oleh presiden.

Pekan lalu, dalam penyelidikan berbasis foto, saluran media Peru La Encerrona melaporkan bahwa Boluarte memiliki jam tangan Rolex yang bernilai sekitar 13.000 dolar AS. Nominal tersebut setara dengan Rp204 juta lebih untuk kurs saat ini.

Sementara Boluarte mengatakan dia sudah lama membeli jam tangan mewah itu.

Topik Menarik