STY Cuma Punya 3 Hari Persiapan, Timnas Indonesia Bisa Menang Vs Vietnam?

STY Cuma Punya 3 Hari Persiapan, Timnas Indonesia Bisa Menang Vs Vietnam?

Berita Utama | inews | Selasa, 19 Maret 2024 - 06:20
share

JAKARTA, iNews.id Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) hanya punya waktu tiga hari mempersiapkan tim jelang meladeni Vietnam. Dengan waktu sesingkat itu, mampukah pelatih Korea Selatan itu bawa Tim Garuda menang atas Vietnam?

Tim Garuda memulai pemusatan latihan (TC) di Stadion Madya, Senin (18/3/2024) malam. TC ini untuk mempersiapkan tim meladeni Vietnam dalam dua laga lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia akan lebih dulu menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). Kemudian, Tim Garuda sowan ke Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, markas Timnas Vietnam, Selasa (26/3/2024).

Namun pada latihan hari perdana ini, kedalaman skuad baru dihuni 22 pemain dari 26 yang dipanggil. Masih ada empat pemain yang belum bergabung, yakni Nathan Tjoe-A-On, Sandy Walsh, Thom Haye, dan Ragnar Oratmangoen. Dua nama terakhir masih harus merampungkan proses naturalisasinya.

STY mengungkapkan fokus pada latihan hari perdana yaitu pemulihan kondisi pemain. Sebab, para pemain baru merapat pada Minggu (17/3/2024). Dia menegaskan akan memoles timnya sebaik mungkin kendati masa persiapan sangat minim.

Memang TC baru mulai ya. Hari pertama ini latihan pemulihan yang ringan pemulihan saja, kata arsitek berusia 53 tahun itu, Senin (18/3/2024).

Sisa 2 hari lagi kami akan melawan Vietnam, kami akan mempersiapkan tim ini untuk melawan Vietnam supaya bagaimana caranya kamu harus menang, ucapnya.

STY menjelaskan, pemulihan kondisi pemain pada latihan perdana ini sangat penting. Dia baru akan mulai mematangkan taktik armadanya pada Selasa (19/3/2024) hari ini.

Karena memang hari pertama kita latihan, apalagi para pemain banyak yang dari luar negeri, perjalanan sangat jauh dan pastinya melelahkan juga, ujarnya.

Pemain lokal pun sama, di weekend ini mereka bertanding. Jadi kami fokus ke pemulihan untuk hari ini. saya akan fokus taktik mulai besok dan lusa, tutur STY.

Tentu, minimnya persiapan ini menjadi ujian berat untuk STY. Apalagi, Tim Garuda dituntut menang dalam dua laga kontra Vietnam untuk menjaga asa dalam persaingan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Saat ini, Timnas Indonesia terdampar di dasar klasemen dengan poin 1 usai melakoni dua laga tandang di Irak (kalah 1-5) dan Filipina (1-1). Vietnam duduk di peringkat kedua dengan poin 3 usai menang atas Filipina (2-0) dan kalah dari Irak (0-1). Posisi puncak dikuasai Irak dengan poin 6. Sementara Filipina di urutan ketiga dengan poin 1.

Hanya dua tim teratas yang berhak melaju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, sekaligus lolos langsung ke Piala Asia 2027.

Topik Menarik