BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Saat Mudik Lebaran 5-11 April 2024

BMKG: Waspada Cuaca Ekstrem Saat Mudik Lebaran 5-11 April 2024

Berita Utama | inews | Selasa, 19 Maret 2024 - 05:00
share

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat berpotensi terjadi pada periode mudik 5-11 April 2024. Pemudik diimbau waspada.

"Untuk cuaca ekstrim, kami prediksi tanggal 5 sampai 11, itu masih hujan sedang hingga lebat," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, Senin (18/3/2024).

Guswanto menjelaskan, cuaca ekstrem ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO), daerah konvergensi, bibit Siklon Tropis, dan Siklon Tropis Megan.

"Memang saat ini masih ada aktivitas MJO, daerah konvergensi antar-tropik, bibit siklon tropis, dan Siklon Tropis Megan. Harapannya, ke depan itu sudah selesai," kata Guswanto.

Meskipun demikian, Guswanto memastikan bahwa BMKG bersama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan TNI AU terus melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengatasi cuaca ekstrem.

"Saat ini sudah dilakukan teknologi modifikasi cuaca dan digalakkan dari teman-teman PUPR untuk memperketat tanggul sungai supaya tidak jebol lagi," ujar Guswanto.

Topik Menarik