Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Makanan Pedas?

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Makanan Pedas?

Berita Utama | okezone | Selasa, 19 Maret 2024 - 03:30
share
 

TIDAK sedikit ibu hamil yang mengidam makanan pedas seperti seblak hingga bakso. Namun biasanya keinginan untuk mengonsumsi makanan yang menggugah selera ini harus dikubur dalam-dalam karena makan pedas bagi ibu hamil dianggap berbahaya.

Lantas benarkah demikian? Apakah ibu hamil tidak boleh makan makanan pedas?

Merangkum dari berbagai sumber pada Selasa (19/3/2024), perlu diketahui bahwa makan pedas saat hamil sebenarnya aman. Sebab makanan pedas tidak termasuk dalam daftar makanan yang harus dihindari saat sedang mengandung. Sehingga anggapan bahwa makan pedas dilarang hanya mitos belaka.

Makanan pedas aman bagi bayi, hanya saja itu tidak berlaku bagi sistem pencernaan. Jadi, mungkin konsumsi makanan pedas bisa menimbulkan efek yang tidak mengenakan seperti sakit perut bahkan dapat memicu gejala penyakit radang usus (IBD).

Selain itu, makan pedas juga meningkatkan risiko sakit maag. Banyak ibu hamil menderita sakit maag karena hormon kehamilan mengendurkan katup antara kerongkongan dan lambung, yang menyebabkan asam lambung naik. Itu artinya makan pedas dapat memperparah sakit maag.

 

Meski ada dampak negatif, tapi ternyata makan pedas saat hamil memiliki nilai positif. Penelitian menyebut makan pedas dapat meningkatkan kesehatan karena Capsaicin (bahan kimia pedas) dalam cabai memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Makan pedas juga bisa memberikan kebaikan pada bayi. Salah satunya adalah meningkatkan indra perasa pada bayi, mengingat rasa dalam makanan ditransfer ke bayi melalui cairan ketuban.

Penelitian menunjukkan bahwa apa yang ibu makan memengaruhi preferensi bayi di kemudian hari. Sehingga mengonsumsi berbagai rasa dan rempah mungkin bisa membantu mendorong keinginan makan bayi.

Topik Menarik