Kebakaran saat Sahur di Balikpapan, Ratusan Warga Kehilangan Tempat Tinggal

Kebakaran saat Sahur di Balikpapan, Ratusan Warga Kehilangan Tempat Tinggal

Berita Utama | kutai.inews.id | Senin, 18 Maret 2024 - 22:55
share

BALIKPAPAN, iNewsKutai.id - Kebakaran hebat melanda permukiman padat di Kota Balikpapan saat warga sedang santap sahur pada Senin (18/3/2024). Akibatnya, ratusan warga Jalan Jenderal Sudirman RT 09 Kelurahan Klandasan Ulu, kehilangan tempat tinggal.

Kebakaran terjadi saat sebagian korban kebakaran makan sahur dan bersiap menjalankan shalat subuh. Berdasarkan data BPBD Balikpapan, sedikitnya 45 rumah warga rata dengan tanah.

Kepala BPBD Kota Balikpapan, Usman Ali mengatakan, api membesar dengan cepat di kawasan permukiman di tepi pantai tersebut. Material bangunan yang mayoritas terbuat dari kayu membuat api sulit dikendalikan.

Sedikitnya, 15 unit mobil damkar dikerahkan ke lokasi dan berjibaku memadamkan api. Namun, petugas sempat terkendala sumber air dan akses jalan menuju lokasi yang sempit.

"Api berhasil dipadamkan setelah tiga jam karena petugas pemadam sempat kesulitan mendapatkan air. PDAM juga dihubungi agak sulit," katanya Senin (18/3/2024).

Sementara itu, Pemkot Balikpapan bergerak cepat menangani korban kebakaran yang mencapai 93 kepala keluarga dengan rincian sebanyak 257 jiwa terdampak.

Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengatakan, Pemkot akan memberikan jaminan uang sewa rumah bagi korban kebakaran selama 12 bulan.

"Akan dilakukan pendataan terlebih dulu sebelum memberikan bantuan uang sewa rumah kepada seluruh korban," katanya di Balikpapan.

Topik Menarik