Sosok Sertu Marinir Ismunandar Gugur Baku Tembak dengan KKB di Papua, Prajurit Terbaik

Sosok Sertu Marinir Ismunandar Gugur Baku Tembak dengan KKB di Papua, Prajurit Terbaik

Berita Utama | inews | Senin, 18 Maret 2024 - 09:45
share

JAKARTA, iNews.id - Prajurit Marinir gugur di medan pertempuran dalam baku tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB). Kontak senjata ini terjadi di Distrik Muara, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, Minggu (17/3/2024).

Identitas prajurit TNI yang gugur bernama Sertu Marinir Ismunandar, anggota Satgas Elang IV wilayah Puncak Jaya. Penembakan ini dilakukan KKB pimpinan Lerimayu Enumbi.

Informasi diperoleh, saat kejadian Sertu Ismunandar dan Serka Salim ditembaki KKB di depan Puskesmas Baru Muara sekira pukul 12.55 WIT. Sertu Ismunandar tertembak di kepala bagian belakang lalu Serka Salim membalas tembakan.

Personel Satgas Elang IV kemudian menuju lokasi kejadian kontak tembak disusul dua regu Satgas Yonif RK 115/ML, Satgas Mandala, Polres Puncak Jaya dan personel Yonif RK 753/AVT. Sertu Ismunandar selanjutnya dibawa ke Puskesmas Mulia untuk mendapat perawatan medis dan dinyatakan meninggal pukul 14.05 WIT.

Sosok Sertu Marinir Ismunandar

Sertu Ismunandar merupakan sosok prajurit Mariniryang sangat loyal dan fokus pada tugas. Dia dihormati dan dicintai keluarga dan rekan-rekannya di Korps Marinir, terutama di jajaran Denjaka.

Hal ini disampaikan Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi saat melayat ke rumah duka Sertu Marinir Ismunandar dengan didampingi Ketua Gabungan Jalasenastri Korps Marinir Nana Endi Supardi di Komplek Denjaka, Cilandak Jakarta Selatan, Minggu (17/03/2024).

"Kita telah kehilangan prajurit terbaik. Kami mendoakan agar almarhum Sertu Marinir Ismunandar diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan serta kekuatan, ujar Dankormar dikutip dari @marinir_tni_al, Senin (18/3/2024).

Menurutnya, Sertu Marinir Ismunandar bertugas di medan operasi dengan tantangan yang cukup berat dan tergabung dalam Satgas Elang IV wilayah Puncak Jaya. Almarhum selalu menunjukkan keberanian dan profesionalitas dalam bertugas.

Prestasi dan pengabdian almarhum menjadi prajurit petarung Korps Marinir yang handal dan tak kenal takut selama bertugas tidak terbantahkan.

"Para kolega, sejawat seperjuangan menggambarkan sosok Sertu Marinir Ismunandar sebagai contoh yang luar biasa dalam hal dedikasi, semangat dan jiwa patriotisme. Naik di basis maupun di medan tugas," katanya.

"Saya atas nama pribadi serta keluarga besar Korps Marinir menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada keluarga besar Sertu Marinir Ismunandar," ujar Dankormar.

Duka juga disampaikan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto atas gugurnya prajurit Marinir dalam medan pertempuran di Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah.

"Inna Lillahi Wainna Ilaihi Roji'un. Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto beserta jajaran mengucapkan turut berduka cita atas gugurnya Sertu Mar Ismunandar," tulis @PuspenTNI dikutip Senin (18/3/2024).

"Semoga Allah SWT menerima amal ibadahnya, mengampuni segala dosa dan kesalahannya," tulisnya lagi.

Topik Menarik