Ganjil Genap di Mudik 2024, Kakorlantas Polri: Dipantau ETLE, Tak Diputar Balik

Ganjil Genap di Mudik 2024, Kakorlantas Polri: Dipantau ETLE, Tak Diputar Balik

Berita Utama | okezone | Minggu, 17 Maret 2024 - 15:00
share

JAKARTA - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri bakal menerapkan rekayasa lalu lintas ganjil genap di sejumlah ruas tol saat mudik Lebaran 2024 atau 1445 Hijriyah.

Kakorlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan menyebut nantinya ganjil genap akan dipantau oleh kamera Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang terpasang.

Kita juga memberlakukan pembatasan mobilitas kendaraan dengan menerapkan ganjil genap. Artinya kendaraan yang boleh operasi di jalan-jalan tol tertentu yang sudah kita tuangkan di SKB, ini kita akan batasi mobilitasnya sesuai dengan tanggal itu, kata Aan dalam jumpa pers secara daring, Minggu (17/3/2024).

Aan menjelaskan, nantinya petugas yang bertugas tidak akan memutar balik kendaraan yang melanggar ganjil genap. Akan tetapi, pelanggar akan diberikan tilang elektronik.

Kemudian operasionalnya atau pelaksanaannya, kita tidak melakukan putar balik, kita tidak melakukan penghentian. Namun kita akan manfaatkan kamera ETLE kita, kamera ETLE yang ada dan mobile yang kita siapkan di gerbang tol yang memang ada pembatasan melalui ganji genap ini, ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi arus mudik Lebaran 2024 terjadi pada tanggal 8 April 2024 atau H-2 Lebaran. Diperkirakan, sebanyak 26,6 juta orang akan melakukan mudik.

Jadi kalau kita melihat tanggal 12 (Maret) adalah hari pertama puasa diperkirakan tanggal 10 atau tanggal 11 (April) adalah hari lebaran, kemudian di mana massa libur bersama yaitu tanggal 8 (April), tanggal 9, tanggal 12 dan tanggal 15 April, kata Kepala Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub, Robby Kurniawan saat konferensi pers melalui Zoom, Minggu (17/3/2024).

Untuk arus balik mudik Lebaran 2024, Robby menjelaskan, pihaknya memprediksi arus balik lebaran diperkirakan terjadi pada Minggu 14 April 2024 atau H+3.

Topik Menarik