Alami Kelainan Autoimun, Celine Dion Ungkap Penyakit yang Diidapnya

Alami Kelainan Autoimun, Celine Dion Ungkap Penyakit yang Diidapnya

Berita Utama | inews | Minggu, 17 Maret 2024 - 12:31
share

JAKARTA, iNews.id - Penyanyi legendaris Celine Dion membagikan kabar terbaru terkait penyakit Stiff Person Syndrome (SPS) yang diidapnya melalui Instagram. Melalui sebuah postingan, Celine Dion menyebutkan penyakit SPS yang menyebabkan kelainan autoimun ini merupakan pengalaman tersulit.

Namun, perempuan berusia 55 tahun itu mengatakan penyakit tersebut bukan menjadi penghalang baginya untuk berkarya bahkan untuk kembali manggung.

"Mencoba mengatasi kelainan autoimun ini adalah salah satu pengalaman tersulit dalam hidup saya, tetapi saya tetap bertekad untuk suatu hari nanti kembali ke panggung dan menjalani kehidupan senormal mungkin," ujar Dion, melalui akun Instagramnya, @celinedion, baru-baru ini.

Dalam postingannya, dia membagikan untuk memperingat Hari Kesadaran SPS Internasional itu, Dion juga turut memotivasi orang-orang yang juga sedang menderita penyakit SPS sepertinya.

"Saya ingin menyampaikan dorongan dan dukungan saya kepada semua orang di seluruh dunia yang terkena dampak SPS. Saya ingin Anda tahu bahwa Anda bisa melakukannya! Kami bisa melakukannya!" ungkapnya.

"Saya sangat berterima kasih atas cinta dan dukungan dari anak-anak saya, keluarga, tim, dan kalian semua!" imbuhnya.

Penyakit langka itu membuat pelantun hits peraih Grammy My Heart Will Go On dan Since You Loved Me itu tidak dapat berjalan. Menurut kondisi neurologis tubuh Celine Dion telah sampai diserang pada bagian sel-sel saraf, sehingga hal itu membuatnya kesulitan untuk disembuhkan.

Hal tersebut sangat berdampak kepada mobilitasnya sebagai seorang penyanyi. Dalam beberapa kasus, penyakit itu juga dapat menyebabkan kejang dan patah tulang yang cukup parah. Hal itu terjadi pada pasien dengan rentang usia 30-50 tahun dan didominasi oleh kalangan wanita.

Bagi Celine Dion menerima kenyataan seperti ini memang tidaklah mudah, ditambah pada akhir 2023 mendatang dirinya dikabarkan akan menggelar tur dunia, sehingga kini jadwal tersebut harus dibatalkan meskipun dia sudah mempersiapkannya sejak lama.

Pada September 2023 lalu, dalam sebuah video juga terlihat keluarga sedang menceritakan bagaimana perjuangan Celine Dion menghadapi penyakitnya tersebut.

Bahkan seorang narator tidak diketahui identitasnya mengatakan penyakit Celine Dion tidak dapat disembuhkan dan menjalar sangat cepat.

Para ahli menyebutkan sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa penyebab dari SPS. Tapi yang mereka tahu SPS mungkin dapat disebabkan oleh reaksi berlebihan antara sel dalam sistem kekebalan yang berada dalam tubuhnya. Sekitar 40 Persen penderita juga diketahui memiliki kondisi autoimun diabetes tipe 1.

Kondisi autoimun lainya seperti vitiligo yang berbentuk bercak putih pada kulit, anemia, pernisiosa, dan lain-lain.

Pada penyakit ini, sistem kekebalan tubuh juga mungkin akan menyerang protein yang membantu membuat asam gamma-aminobutirat (GABA), yang berfungsi sebagai neuron motorik dan saraf yang mengkontrol gerakan.

Sehingga dari kadar GABA yang rendah akan menyebabkan saraf terus berkembang dan mengakibatkan kejang. Kejang bisa menjadi semakin parah ketika orang jatuh atau menyebabkannya kesulitasn berjalan, karena kelangkaan dan gejala yang membingungkan.

Namun yang sering kali di salah artikan penyakit Parkison atau multiple sclerosis (MS) mendiagnosis sindrom ini dan bida memakan waktu lama.

Topik Menarik