TNI Akan Bangun 37 Kodam Baru pada 2024, Salah Satunya di IKN

TNI Akan Bangun 37 Kodam Baru pada 2024, Salah Satunya di IKN

Berita Utama | inews | Rabu, 28 Februari 2024 - 15:15
share

JAKARTA, iNews.id - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto berencana membangun 37 Komando Daerah Militer (kodam) pada tahun 2024. Salah satunya di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN).

"TNI AD rencana akan membangun dan menggelar 37 Kodam. Di mana dari 37 Kodam yang akan digelar, 15 Kodam diperkuat dengan Korem, sedangkan 22 Kodam tanpa Korem di bawahnya termasuk pembangunan Kodam di IKN dan 2 Batalyon baru," kata Agus dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024). 
 
Agus menjelaskan, TNI AL juga akan meningkatkan status Lantamal menjadi Komando Operasi Utama (Kotama). 

"Dengan nomenklatur Kotama kelas A jumlah 8 lantamal, dan 6 lantamal menjadi Kodamar kelas B. Serta pembangunan Pasmar (Pasukan Marinir) di IKN," katanya. 

Kemudian TNI AU, kata Agus, akan membangun Lapangan Udara (Lanud) di Ibu Kota Nusantara (IKN), dan membangun beberapa skuadron baru. 

"TNI AU rencana akan membangun Lanud di IKN, meningkatkan status 5 Lanud tipe A, peningkatan status 2 Lanud tipe B, pembentukan Lanud tipe C dan pembentuk skuadron-skuadron baru," katanya. 

Topik Menarik