Kans Duet Ganjar-TGB di Pilpres 2024 Menguat, Apa Keunggulannya?

Kans Duet Ganjar-TGB di Pilpres 2024 Menguat, Apa Keunggulannya?

Berita Utama | BuddyKu | Sabtu, 10 Juni 2023 - 17:00
share

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Analis politik Surokim As mengomentari peluang bakal capres dari PDIP Ganjar Pranowo berpasangan dengan Ketua Harian DPP Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi di Pilpres 2024.

Surokim menilai sinyal duet Ganjar - TGB menguat menyusul penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama politik antara PDIP dan Perindo dalam mengusung Ganjar di Pilpres 2024.

"Kans Pasangan Ganjar - TGB menguat saat Perindo bergabung dengan PDIP," kata Surokim dalam keterangannya, Sabtu (10/6/2023).

Menurutnya, jika melihat rekam jejak dan potensi yang dimiliki TGB, maka mantan Gubernur NTB itu punya kans besar mendampingi Ganjar.

"Jika melihat kans dan potensi elektabilitas, saya pikir TGB lebih punya potensi untuk diusulkan mendampingi Ganjar," ujar Surokim.

"Keduanya sama sama pernah memimpin daerah menjadi gubernur," sambung Dosen Universitas Trunojoyo Madura itu.

Surokim menambahkan, segmen pemilih Ganjar yang tidak beririsan dengan basis ceruk pemilih TGB menjadi keuntungan tersendiri jika keduanya dipasangkan sebagai capres-cawapres.

Ganjar-TGB, lanjutnya, akan menjadi duet nasionalis-religius yang saling melengkapi dan tepat dalam kontesasi Pilpres 2024.

Apalagi, sebut Surokim, Ganjar-TGB merepresentasikan kelompok pemilih Jawa dan luar Jawa.

"Ceruk dukungan TGB selama ini tidak beririsan dengan pak Gannjar dan cenderung bisa melengkapi," ucap dia.

"Pasangan ini juga bisa menjadi pasangan Jawa - luar Jawa yang kompetitif. Serta pasangan nasionalis-religius," jelas Surokim.

Seperti diberitakan, Perindo secara resmi mendukung bakal capres PDIP Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Dukungan itu ditandai dengan penandatanganan MoU kerja sama politik PDIP - Perindo untuk Pilpres 2024di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2023).

MoU itu diteken langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

Hary Tanoe mengatakan, kerja sama politik Perindo dengan PDIP untuk memenangkan Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Hal tersebut beriringan dengan kerja sama dalam pemenangan caleg.

"Kerja sama politik ini adalah kerja sama dalam kaitannya pilpres, untuk mengusung Bapak Ganjar Pranowo memenangkan sebagai presiden Republik Indonesia 2024," ungkap Hary Tanoe.

Penandatanganan MoU kerja sama politik PDIP - Perindo oleh Megawati dan Hary Tanoe disaksikan bakal Capres 2024 Ganjar Pranowo.

Megawati didampingi Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Kepala Sitation Room Prananda Prabowo. Sementara Hary Tanoe didampingi Ketua Harian DPP Perindo Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi.

Topik Menarik