Kabar Bahagia! Pabrikan Isuzu Motor Ltd Bakal Produksi di Indonesia, Tak Lagi di Thailand

Kabar Bahagia! Pabrikan Isuzu Motor Ltd Bakal Produksi di Indonesia, Tak Lagi di Thailand

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 7 Juni 2023 - 21:09
share

JAKARTA, celebrities.id - Kabar baik datang dari dunia otomotif. Pasalnya Isuzu Motor Ltd pabrikan otomotif asal Jepang bakal memindahkan pabrikan truk dari Thailand ke Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita membawa kabar baik dari lawatannya ke Jepang.

Dia mengatakan jika perusahaan otomotif itu bakal mulai berproduksi pada tahun 2024 mendatang.

Kami menyampaikan apresiasi atas keputusan Isuzu tersebut dan mengharapkan agar pemindahan basis produksi tersebut dapat berjalan baik. Kami akan menyiapkan berbagai kemudahan, termasuk insentif, untuk mendukung proses pemindahan pabrik, ujar Menperin Agus Gumiwang dalam keterangannya, Rabu (7/6/2023).

Di Indonesia, lanjut Menperin pabrik Isuzu bakal berlokasi di Karawang, Jawa Barat memiliki tingkat utilisasi yang cukup tinggi, mencapai 85 persen. Adapun produksi tahun 2022 sebesar 44.694 unit, atau 15 persen dari total produksi Isuzu di seluruh dunia.

Dengan pemindahan pabrik truk ke Indonesia, Menperin mengharapkan, Isuzu dapat meningkatkan penggunaan komponen di dalam negeri pada proses perakitan, salah satunya dengan mendorong jenis kendaraan yang masih dirakit menggunakan skema importasi Completely Knocked Down (CKD) agar diubah menjadi Incompletely Knocked Down (IKD).

Sedangkan untuk kendaraan yang sudah dirakit melalui skema importasi IKD, agar dapat meningkatkan penggunaan komponen dalam negerinya.

"Kami mendorong Isuzu untuk dapat memperluas pasar ekspor, khususnya ke Afrika," tuturnya.

Sementara itu, Senior Executive Officer Isuzu Motors Ltd. Yasuyuki Niijima mengatakan, Indonesia merupakan negara yang sangat penting bagi Isuzu, baik sebagai pasar maupun pusat produksi kendaraannya. Isuzu akan berupaya meningkatkan ekspornya hingga ke 150 negara.

"Dengan dimulainya produksi UD Trucks di tahun 2024, Isuzu akan memerlukan tenaga kerja tambahan," ujarnya.

Topik Menarik