Pertamina Tiba-tiba Jadi Sponsor Formula E, Faizal Assegaf: BUMN Sudah Berubah Jadi Markas Politik dan Sarang Penyamun

Pertamina Tiba-tiba Jadi Sponsor Formula E, Faizal Assegaf: BUMN Sudah Berubah Jadi Markas Politik dan Sarang Penyamun

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 19:30
share

FAJAR.CO.ID , JAKARTA Kritikus Faizal Assegaf menyebut BUMN telah berubah menjadi markas politik. Hal ini menanggapi pernyataan Said Didu soal perusahaan BUMN tiba-tiba ikut mensponsori perhelatan ajang balap mobil listrik Formula E 2023 Jakarta.

BUMN sudah berubah jadi markas politik dan sarang penyamun. Tidak heran bila kelompok kritis dengan tegas menyimpulkan BUMN ere rezim Jokowi menjadi lapak bagi kawanan maling dan gerombolan politisi busuk. Stigma buruk itu sulit dihindari, kata Faizal Assegaf, dalam unggahannya di Twitter, Minggu, (4/6/2023).

Mantan pengurus Presidium Alumni 212 ini mendesak, agar ke depannya BUMN diaudit total.

Ke depan BUMN harus diaudit total, kawanan maling yang bersarang di lembaga itu harus diseret ke penjara. Tidak boleh aset negara dibiarkan bebas bagi pencopet berhati rakus. Tangkap dan penjarakan mereka!, tambahnya.

Diberitakan sebelumnya, Perusahaan milik BUMN ikut mensponsori perhelatan ajang balap mobil listrik Formula E 2023 Jakarta yang berlangsung di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, pada 3-4 Juni 2023.

Perusahaan milik BUMN itu diantaranya Pertamina dan Pertamina Renewable Diesel.

Hal ini, menjadi sorotan dari Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu.

Pasalnya pada perhelatan Formula E 2022 sebelumnya, saat Anies Baswedan masih menjadi sebagai Gubernur DKI Jakarta, Pertamina tak ikut menjadi sponsor.

Dia menyebut BUMN digunakan untuk politik kekuasaan. Apakah masih ada yang ingin membantah bahwa BUMN tidak digunakan untuk politik kekuasaan?, kata Said Didu dalam keterangannya, Minggu, (4/6/2023).

Said Didu mengungkit pernyataan Dirut Pertamina Nicke Widyawati soal alasannya tidak ingin jadi sponsor di Formula E 2022 karena tak ada korelasi antara brand Pertamina dengan Formula E, karena menggunakan listrik sebagai bahan bakar.

Baca pernyataan Bu Dirut di 2022 alasannya lucu krn 2023 mobil balapnya tetap sama tidak pake produk Pertamina, tambah Pria kelahiran Pinrang Sulawesi Selatan ini.

Diketahui, perusahaan lokal yang menjadi sponsor Formula E Jakarta 2023 diantaranya Gulavit, Bank Artha Graha Internasional (AGI), Electronic City, Discovery Ancol, Cimanggis Golf Estate, Jakarta Propertindo (Jakpro), Pertamina, Pertamina Renewable Diesel, Bigo live, Power Spark, Jakone mobile, Aspira, Medika Plaza, Jakarta Infrastrukur Propertindo (JIP), E.nine, Ancol, Beach City Internasional Stadium (Ancol Beach City), Migas Hulu Jabar dan Periklindo Electric Vehicle Show. (selfi/fajar)

Topik Menarik