Umumkan Logo IKN Bertema Pohon Hayat, Jokowi: Miliki Filosofi Sejalan dengan Semangat Pembangunan

Umumkan Logo IKN Bertema Pohon Hayat, Jokowi: Miliki Filosofi Sejalan dengan Semangat Pembangunan

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 19:50
share

JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) resmi meluncurkan logo Ibu Kota Nusantara (IKN) di Istana Negara, Jakarta, pada Selasa (30/5/2023) sore. Logo yang terpilih yakni Pohon Hayat karya Aulia Akbar.

Jokowi berharap logo Pohon Hayat untuk IKN dapat menginspirasi guna menciptakan tempat kehidupan baru, yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya.

"Logo pohon hayat juga memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, sebagai bangsa yang besar, bangsa yang majemuk dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan juga lingkungan beserta ekosistemnya," kata Jokowi dalam sambutannya di Istana Negara, Jakarta, Selasa (30/5/2023).

"Juga memperkuat ikhtiar usaha kita bersama untuk berkontribusi bagi percepatan pembangunan ibukota Nusantara kita, ibukota masa depan Indonesia," tuturnya.

Dengan adanya IKN, kata Jokowi, diharapkan dapat bersanding dengan kota-kota besar di negara lainnya.

"Jadi ada New York, ada Washington DC, ada Sydney, ada Canberra. Ada di sini Jakarta ada di sana Nusantara. Jadi ini negara besar, negara besar, bangsa besar,"kata Jokowi.

Selain itu, kata Jokowi, logo bertema pohon Hayat akan menjadi identitas visual bagi IKN.

Jokowi menegaskan, pemilihan logo bukan dirinya pribadi tentukan, tapi masyarakat Indonesia memilih secara online.

"Tadi sudah disampaikan oleh Kepala Otorita bahwa telah melalui proses sayembara yang sangat selektif. Alhamdulillah telah terpilih logo dengan pemilih terbanyak. Jadi yang milih bukan presiden. Hati-hati. hati-hati. Yang memilih ini rakyat dan jumlahnya juga pemiliknya berapa tadi lima ratusan ribu. Jumlah juga yang tidak sedikit," ucapnya.

Topik Menarik