Kalung Berlian Camilla di Prosesi Penobatan Raja Charles III Curi Perhatian, Begini Kisahnya

Kalung Berlian Camilla di Prosesi Penobatan Raja Charles III Curi Perhatian, Begini Kisahnya

Berita Utama | BuddyKu | Senin, 8 Mei 2023 - 10:17
share

JAKARTA, celebrities.id - Penobatan Raja Charles III pada Sabtu (6/5/2023), menyisakan segudang cerita. Salah satunya ketika orang banyak memperhatkan kalung berlian yang dipakai Camilla.

Pasalnya, ada sejarah di balik kalung bernama \'Coronation Necklace\' tersebut.
Menurut The Court Jeweller, kalung berlian itu pertama kali dibuat untuk Ratu Victoria pada 1858. Kalung tersebut terbuat dari total 26 berlian, termasuk liontin raksasa 22,48 karat yang disebut sebagai berlian Lahore.

Laman People melaporkan, awalnya batu tersebut merupakan bagian dari Lahore Treasure di wilayah Punjab. Kemudian, ketika wilayah itu diambil alih Inggris, apa yang ada di sana menjadi hak milik Inggris termasuk kekayaan alamnya.

"Berlian yang ada di wilayah itu kemudian dipersembahkan kepada Ratu Victoria pada 1851," tulis Royal Collection, Senin (8/5/2023).

Ratu Victoria diketahui sangat menyukai kalung tersebut. Dia sering mengenakan kalung itu, termasuk saat Diamond Jubilee-nya.

Berjalannya waktu, kalung tersebut kemudian menjadi simbol kejayaan dan perubahan status. Pada 1902 misalnya, kalung tersebut dipakai Ratu Alexander saat prosesi penobatan, diikuti Ratu Mary pada 1911. \'The Queen Mother\' Elizabeth juga pernah memakainya di 1937.

Lalu, di 1953 Ratu Elizabeth mengenakan \'Coronation Necklace tersebut saat penobatannya. Ia menambahkan anting yang terdiri dari sepasang cushion-cut diamond collet dan 2 liontin besar berbentuk buah pir.

Sejak saat itu, Ratu Elizabeth sering mengenakan set perhiasan tersebut termasuk untuk berbagai acara khusus kerajaan dan kenegaraan.

Nah, kini sejarah terukir. Camila yang melanjutkan mengenakan kalung tersebut. Ia menyandingkan \'Coronation Necklace\' dengan gaun yang dirancang oleh Bruce Oldfield. Sepatunya buatan desainer Inggris, Eliot Zed, terbuat dari sutra yang sama dengan gaunnya.

Soal mahkota, Camila mengenakan Mahkota Ratu Mary atau \'Queen Mary\'s Crown\' yang mana mahkota itu bertahtakan 2.200 berlian yang pertama kali dibuat untuk nenek buyut Raja Charless untuk penobatan suaminya, Raja George V, pada 1911.

Jadi, itu dia cerita di balik kalung berlian besar yang dipakai Camila saat penobatan suaminya, Raja Charles III. Ternyata bukan sembarang kalung, ya.

Topik Menarik