Lulusannya Jadi Wakil Rakyat Hingga Pengusaha, Menaker Ida Puji Efek Magang di Luar Negeri

Lulusannya Jadi Wakil Rakyat Hingga Pengusaha, Menaker Ida Puji Efek Magang di Luar Negeri

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 4 Mei 2023 - 21:16
share

Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Jepang, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menemui sejumlah peserta pemagangan asal Indonesia di Tokyo, Jepang.

Dari pertemuan itu, Ida mengungkapkan bahwa banyak alumni pemagangan ke luar negeri, terutama dalam hal ini Jepang, yang sukses menjadi pengusaha sekembalinya ke Indonesia.

Hal ini, kata dia, terlihat dari banyaknya alumni pemagangan Jepang yang menjadi pengusaha dan bergabung dalam Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia (IKAPEKSI) dengan anggota lebih dari 5.000 peserta.

Saya sungguh bangga, ternyata peserta pemagangan tidak hanya melahirkan tenaga-tenaga kerja yang kompeten, ternyata juga melahirkan enterpreneur , pengusaha-pengusaha muda yang Sukses, kata Ida, dikutip dari keterangan resmi, Kamis (4/5/2023).

Selain menjadi pengusaha, Ida menyebut bahwa alumni pemagangan Jepang juga dapat masuk di ruang politik, di mana saat ini salah satu alumni pemagangan Jepang telah menjadi Ketua DRPD.

Menurut Ida, hal ini menunjukkan bahwa alumni pemagangan Jepang selain memiliki keterampilan, juga memiliki jiwa kepemimpinan.

Saya harus siap-siap, jangan-jangan sebentar lagi menteri ketenagakerjaan adalah mantan peserta magang di Jepang, ucapnya.

Ida mengatakan, Indonesia akan memasuki era bonus demografi, di mana penduduk usia produktif mendominasi jumlah penduduk Indonesia.

Ia pun meminta peserta pemagangan untuk memanfaatkan waktu pemagangan di Jepang dengan sebaik mungkin, sehingga dapat mempersiapkan diri dan bangsa Indonesia menuju puncak bonus demografi.

Jadi Indonesia maju itu ada di pundak adik-adik semua. Pulang dari sini adik-adik punya keterampilan baru, kompetensi baru, bahkan pulang dari sini menjadi pengusaha sukses, tuturnya.

Kepada peserta pemagangan, Ida juga berpesan agar selalu menjaga nama baik bangsa, negara, keluarga, dan almamater, serta menghindari perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

Adik-adik juga bisa menjadi duta bangsa, yang membawa nama bangsa Indonesia baik di negeri Jepang ini, tandasnya.

Topik Menarik