Asal Usul Cerita Si Manis Jembatan Ancol 1973

Asal Usul Cerita Si Manis Jembatan Ancol 1973

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 07:06
share

JAKARTA- Asal usul cerita Si Manis Jembatan Ancol 1973 menjadi urban legend masyarakat Kota Jakarta. Menurut penuturan orang sekitar, Si Manis Jembatan Ancol adalah hantu sosok wanita berpakaian merah dengan rambut panjang.

Si Manis Jembatan Ancol kerap menampakkan dirinya pada malam hari di sekitar Jembatan Ancol. Ia akan mendekati yang melintasi jembatan dan menggodanya. Target hantu Si Manis Jembatan Ancol kebanyakan adalah pria.

Asal usul cerita Si Manis Jembatan Ancol 1973 terdapat dalam buku Legenda Si Manis Jembatan Ancol tahun 2012 karta Syahbudin. Dalam buku tersebut, dikisahkan Si Manis Jembatan Ancol bernama Siti Ariah.

Beberapa versi menyebutnya dengan nama Maryam. Ia tinggal bersama ibu dan adiknya.Pada masa itu, Maryam adalah sosok gadis desa yang terkenal dengan parasnya yang cantik. Kecantikannya mampu menarik hati siapapun yang memandangnya.

Salah satunya adalah pria kaya bernama Oey Tambahsia. Oey ingin menikahi Maryam dan menjadikan Maryam sebagai simpanannya. Mengetahui hal itu, Maryam menolak dan berusaha kabur dari pria itu.

Kemudian Oey menyuruh centengnya untuk menangkap Maryam. Ketika tertangkap, Maryam berusaha untuk melepaskan diri dengan memberi perlawanan. Namun naas, ia mati ditangan ceneng Oey Tambahsia.

Mereka lalu membuang mayat Maryam dari atas Jembatan Ancol setinggi 400 meter. Beberapa versi mengatakan bahwa Maryam meninggal karena diperkosal. Sementara, versi lainnya mengatakan bahwa meninggalnya Maryam bukan karena pemerkosaan.

Sejak saat itu, Maryam menjelma menjadi hantu Si Manis Jembatan Ancol. Ia kerap berkeliaran untuk memberitahu ibunya sebab ia meninggal. Banyak orang melihatnya berkeliatan di Jembatan Ancol mengenakan gaun merah.

Kisah Si Manis Jembatan Ancol sampai diangkat menjadi sebuah film horor pada tahun 1973. Film Si Manis Jembatan Ancol 1973 diperankan oleh Lenny Marlina. Tahun 1993, film ini kembali rilis dan diperankan oleh Diah Permatasari.

Legenda Si Manis Jembatan Ancol kembali diangkat pada tahun 2019. Pemeran film Si Manis Jembatan Ancol kali ini adalah Indah Permatasari. Film yang disutradarai Anggy Umbara ini mendapat sambutan baik.

Demikian asal usul cerita Si Manis Jembatan Ancol 1973.

(RIN)

Topik Menarik