5 Fakta Joe Biden, Kembali Maju di Pilpres AS 2024

5 Fakta Joe Biden, Kembali Maju di Pilpres AS 2024

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 27 April 2023 - 05:36
share

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengumumkan pencalonannya kembali untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Biden mengumumkan pencalonan itu melalui video yang dirilis oleh tim kampanyenya pada Selasa (25/4/2023).

Berikut fakta-fakta terkait pengumuman Biden tersebut:

1. Janjikan melindungi kebebasan

Dalam pidato pencalonannya, Biden menekankan mengenai adanya ancaman terhadap kebebasan Amerika dan bersumpah untuk melawannya. Biden menyatakan akan berusaha melindungi kebijakan tentang perawatan kesehatan wanita, Jaminan Sosial, dan menolak larangan terhadap buku.

"Ketika saya mencalonkan diri sebagai presiden empat tahun lalu, saya mengatakan kami sedang berjuang untuk jiwa Amerika, dan kami masih melakukannya," kata Biden sebagaimana dilansir Reuters. "Ini bukan waktunya untuk berpuas diri. Itu sebabnya saya mencalonkan diri kembali."

"Ayo selesaikan pekerjaan ini. Aku tahu kita bisa," katanya.

2. Serang Trump

Video pencalonan Biden dibuka dengan gambar-gambar dari serangan 6 Januari 2021 di gedung Capitol AS di Washington, DC oleh pendukung mantan Presiden Donald Trump. Dalam video itu, Biden juga beberapa kali melancarkan serangan terhadap Trump, yang mungkin akan kembali dia hadapi pada Pilpres 2024.

Biden mengecam ekstremis MAGA sebagai ancaman bagi kebebasan AS. MAGA adalah akronim dari slogan "Make America Great Again" dari Trump, yang merupakan pelopor awal dalam persaingan utama Partai Republik.

3. Kendala usia

Biden, yang berusia 80 tahun, harus mengatasi kekhawatiran warga Amerika tentang usianya untuk memenangkan pemilihan kembali. Menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos, sebanyak 44% warga AS mengatakan dia terlalu tua untuk kembali mencalonkan diri.

Jika kembali terpilih, Biden akan berusia 86 tahun pada akhir masa jabatan kedua yang prospektif, hampir satu dekade lebih tinggi dari harapan hidup rata-rata pria AS.

4. Dinyatakan sehat untuk bertugas

Meski usianya tidak lagi muda, Biden, yang tidak minum alkohol dan berolahraga lima kali seminggu, telah dinyatakan oleh dokter "sehat untuk bertugas" setelah pemeriksaan pada Februari. Gedung Putih mengatakan catatannya menunjukkan bahwa dia cukup tajam secara mental untuk kerasnya pekerjaan sebagai seorang presiden.

5. Berpasangan dengan Kamala Harris

Pada upaya pencalonan keduanya ini, Biden akan kembali maju bersama Kamala Harris, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Presidennya. Harris juga ditampilkan secara mencolok dalam pidato pengumuman pencalonan Biden.

Topik Menarik