5 Fakta Syabda Perkasa Belawa, Pebulu Tangkis Tunggal Putra Indonesia yang Meninggal Dunia karena Kecelakaan

5 Fakta Syabda Perkasa Belawa, Pebulu Tangkis Tunggal Putra Indonesia yang Meninggal Dunia karena Kecelakaan

Berita Utama | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 10:55
share

SEBANYAK 5 fakta Syabda Perkasa Belawa , pebulu tangkis tunggal putra Indonesia yang meninggal dunia karena kecelakaan akan diulas Okezone . Kabar duka menghampiri dunia bulu tangkis Indonesia pada Senin, (20/3/2023) pagi WIB.

Syabda Perkasa Belawa dinyatakan meninggal dunia setelah terlibat kecelakaan di tol Pemalang, Jawa Tengah pada Senin, (20/3/2023) dini hari WIB. Ia meninggal dunia dalam perjalanan ke Sragen, Jawa Tengah, untuk berziarah ke sang nenek yang baru saja meninggal dunia.

Pebulu tangkis 21 tahun ini digadang-gadang sebagai suksesor Anthony Ginting dan Jonatan Christie. Lantas, apa saja fakta yang bisa dikulik dari Syabda Perkasa Belawa?

Berikut 5 fakta Syabda Perkasa Belawa, pebulu tangkis tunggal putra Indonesia yang meninggal dunia karena kecelakaan:

5. Jebolan PB Djarum

Syabda Perkasa Belawa

Syabda Perkasa Belawa merupakan pebulu tangkis jebolan PB Djarum. Ia lolos lewat audisi umum yang digelar PB Djarum pada 2013, atau di usianya yang berusia 12 tahun.

Berkat kiprah apiknya bersama PB Djarum inilah, Syabda Perkasa Belawa akhirnya bergabung dengan pemusatan latihan nasional (Pelatnas) PBSI.

4. Masuk Pelatnas PBSI

Syabda Perkasa Belawa

Syabda Perkasa Belawa menjalani magang di Pelatnas PBSI yang berada di Cipayung, Jakarta Timur pada 2018. Namun, setahun berselang atau pada 2019, Syabda Perkasa Belawa mendapatkan Surat Ketetapan (SK) untuk menjalani Pelatnas di PBSI.

Bergabung dengan pelatnas membuat Syabda Perkasa Belawa berkesempatan ditangani pelatih-pelatih brilian. Hal itu juga yang membuat Syabda Perkasa Belawa pelan-pelan meningkat kualitasnya.

3. Kekasih Pitha Haningtyas

Pitha Haningtyas

Syabda Perkasa Belawa merupakan kekasih pebulu tangkis putri Indonesia, Pitha Haningtyas Mentari. Pitha saat ini turun di nomor ganda campuran bersama bersama Rinov Rivaldy.

Pasangan Rinov/Pitha untuk sementara berstatus sebagai ganda campuran nomor satu di Indonesia. Terbukti, pasangan ini untuk sementara duduk di posisi 11 dunia, unggul empat anak tangga dari Rehan/Lisa di tempat kedua.

2. Masuk Skuad Piala Thomas 2022

Syabda Perkasa Belawa

Syabda Perkasa Belawa masuk ke skuad Timnas Indonesia di Piala Thomas 2022. Ia menjadi tunggal putra keempat Indonesia di bawah Anthony Ginting, Jonatan Christie dan Shesar Hiren Rhustavito.

Turun satu kali, Syabda Perkasa Belawa sempat menjadi pahlawan Indonesia saat bersua Korea Selatan di matchday pamungkas Grup A Piala Thomas 2022. Ketika Syabda Perkasa Belawa turun, skor sedang sama kuat 2-2. Lewat permainan matang, Syabda Perkasa Belawa menumbangkan wakil Korea Selatan Lee Yun-gyu dengan skor 21-14, 11-21 dan 21-16.

Berkat kemenangan Syabda Perkasa Belawa, Indonesia menumbangkan Korea Selatan dengan skor 3-2. Alhasil, Indonesia lolos ke perempatfinal Piala Thomas 2022 lewat status juara grup.

1.Punya 3 Gelar BWF International Challenge

Syabda Perkasa Belawa

Syabda Perkasa Belawa memiliki 3 gelar BWF International Challenge. Ia keluar sebagai juara Lithuania Internasional 2022 setelah di final menang atas tunggal putra asal Indonesia, Alwi Farhan, dengan skor 21-15 dan 21-14.

Kemudian, Syabda Perkasa keluar sebagai juara Malaysia International 2022. Ia menjadi kampiun usai menumbangkan tunggal putra China, Lei Lanxi, dengan skor 21-17 dan 21-18.

Terbaru, Syabda Perkasa Belawa menjadi juara Iran Fajr International 2023. Ia menjadi yang terbaik setelah menumbangkan wakil Malaysia, Justin Hoh, dengan skor 18-21, 21-12 dan 22-20.

Topik Menarik