iPhone Foldable Segera Hadir, Miliki Mekanisme Perlindungan Layar Canggih

iPhone Foldable Segera Hadir, Miliki Mekanisme Perlindungan Layar Canggih

Berita Utama | BuddyKu | Sabtu, 18 Maret 2023 - 22:00
share

JAKARTA, celebrities.id - iPhone Foldable atau iPhone layar lipat dikabarkan akan segera hadir. Baru-baru ini ditemukan paten yang mengisyaratkan bahwa Apple sedang mencari cara untuk membuat iPhone layar lipat yang tahan banting.

Paten iPhone layar lipat ini tersedia di situs web Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Dalam paten tertulis keterangan "Perangkat Tampilan Retraksi Otomatis dan Teknik Untuk Melindungi Layar Menggunakan Deteksi Jatuh."

Tidak banyak yang dijelaskan namun paten menggambarkan bagaimana Apple bertujuan untuk meminimalkan kerusakan pada layar. Disebutkan juga bahwa perangkat akan memiliki semacam sensor di dalamnya seperti akselerometer.

Menariknya, ketika mendeteksi bahwa iPhone jatuh, sensor akan memberi sinyal mekanisme penguncian yang dapat disesuaikan secara elektronik. Ini dilakukan untuk menutup telepon dengan cepat sehingga kerusakan bisa diminimalisir.

Situs paten mengisyaratkan bahwa mekanismenya mungkin tidak menutup sepenuhnya jika iPhone terlalu dekat dengan tanah sehingga terbuka sebagian. Menurut paten, melipat layar ke sudut kurang dari 180 derajat dapat memberikan perlindungan yang lebih. Paling tidak, dampaknya akan berada di samping, bukan langsung di layar.

Selain teknologi tersebut, dalam paten dikatakan bahwa iPhone layar lipat dapat terdiri dari dua layar terpisah yang terhubung satu sama lain saat perangkat dibuka, alih-alih memiliki engsel normal di tengah.

Jadi saat layar perangkat ditutup, layar atas terlepas dari bawah yang seharusnya membantu perlindungan. Meski demikian, sulit untuk mengatakan dengan pasti karena dokumen tersebut tidak menjelaskan bagaimana hal-hal akan bekerja dengan tepat.

Sebagian besar dokumen paten berbicara tentang kemampuan iPhone yang dapat dilipat. Misalnya, sensor di belakang pelindung jatuh dapat terdiri dari akselerometer, giroskop, kompas, dan atau komponen lain untuk mendeteksi gerakan.

Namun, Apple tidak secara langsung menunjuk ke teknologi tertentu. Yang paling penting bagi perusahaan adalah bahwa mekanisme internal dapat mendeteksi ketika kecepatan jatuh melebihi ambang batas yang telah ditentukan untuk menutup secara otomatis.

Rumor iPhone yang dapat dilipat telah beredar di internet selama sekitar tiga tahun. Sepanjang waktu itu, paten perangkat terus bocor di internet namun sampai sekarang belum ada tanda-tanda Apple akan meluncurkannya dalam waktu dekat.

Topik Menarik