Gempa Turki Runtuhkan Kastil Berumur Ribuan Tahun, Masjid, hingga Rumah Bersalin

Gempa Turki Runtuhkan Kastil Berumur Ribuan Tahun, Masjid, hingga Rumah Bersalin

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 7 Februari 2023 - 17:00
share

IDXChannel - Gempa Turki memang sangat mengejutkan sekaligus banyak mencuri perhatian dunia. Efek gempa berkekuatan 7,8 magnitudo yang melanda Turki dan Suriah menyebar secara online.

Salah satunya adalah bangunan bertingkat yang runtuh seperti rumah kartu. Bencana yang melanda hari itu merupakan gempa bumi terparah di Turki sejak 1999, ketika gempa serupa menghancurkan Izmit dan kawasan padat penduduk di Laut Marmara timur dekat Istanbul. Lebih dari 17.000 orang tewas dalam insiden itu.

Mengutip berbagai sumber, seorang reporter olahraga Ghana melaporkan bahwa bintang Hatayspor, Christian Atsu, terjebak di lantai 9 sebuah gedung yang runtuh akibat gempa bumi di Turki. Pemain Hatayspor Ghana asal Turki, Christian Atsu, dikabarkan menjadi salah satu korban hilang yang terjebak di reruntuhan bangunan yang ambruk seusai gempa.

Deretan Gedung Runtuh Akibat Gempa Turki

Kishor Jaiswal, seorang insinyur di US Geological Survey (USGS) mengatakan bahwa gempa terjadi di tempat bangunan berisiko. Jaiswal mengatakan bangunan di kawasan Gaziantep tidak semodern bangunan di kota besar seperti Istanbul, sehingga tidak tahan gempa.

Adapun beberapa gedung yang runtuh akibat gempa Turki:

1. Kastil Gaziantep
Sebuah kastil yang berusia ribuan tahun rusak parah di Gaziantep, dekat pusat gempa awal. Gaziantep juga menampung sekitar setengah juta pengungsi Suriah.

2. Rumah Sakit Bersalin Idleb
Sakit Bersalin Idleb yang terpaksa memindahkan semua bayi yang baru lahir ke sebuah rumah sakit di dekatnya.

3. Masjid Yeni Cami
Gempa memusnahkan Masjid Yeni yang bersejarah.

4. Perumahan Diyarbakir, Turki
Bangunan perumahan besar diubah menjadi puing-puing di Diyarbakir, kota Kurdi terbesar di dunia dan ibu kota tidak resmi wilayah Kurdi timur Turki. (SNP)

Topik Menarik