Gunung Semeru Erupsi, 3 Desa Berpotensi Terdampak Hujan Abu

Gunung Semeru Erupsi, 3 Desa Berpotensi Terdampak Hujan Abu

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 5 Februari 2023 - 17:45
share

LUMAJANG, iNews.id - Gunung Semeru kembali erupsi dengan meluncurkan awan panas guguran (APG) sejauh 6 kilometer. Erupsi kali ini berpotensi menimbulkan hujan abu dan berdampak ke sejumlah desa di sisi utara.

Beberapa desa tersebut yakni Desa Sumbermujur, Desa Pasrujambe, dan Desa Senduro. Karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mengimbau masyarakat untuk terus waspada.

Detik-detik Gunung Semeru erupsi dengan meluncurkan awan panas guguran terekam kamera CCTV milik relawan di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, mulai pukul 12.42 WIB. Dari visual CCTV, terlihat APG meluncur ke sisi tenggara atau mengarah ke Kalilanang sejauh 6 kilometer.

Sementara itu, kolom abu awan panas guguran juga terpantau setinggi 1.500 meter dari puncak, condong ke arah utara Gunung Semeru. Dari data pos pengamatan gunung api semeru, awan panas guguran terekam seismograf dengan amplitudo maksimal 22 milimeter selama kurang lebih 15 menit.

Kepala Desa (Kades) Supiturang Nurul Yakin membenarkan informasi adanya luncurkan abu vulkanik dari Gunung Semeru. Menurutnya, kejadian itu terjadi pada Minggu siang, namun masih jauh dari permukiman penduduk.

"Benar siang tadi, luncurannya ke Kalilanang sekitar 6 kilometer," kata Nurul Yakin.

Sementara itu, hingga saat ini status Gunung Semeru masih bertahan di level 3 atau siaga. Berdasarkan rekomendasi pusat vulkanologi dan mitigasi bencana geologi (PVMBG), masyarakat dilarang untuk melakukan aktivitas apa pun di sepanjang Besuk Kobokan sejauh 13 kilometer.

Di luar jarak tersebut, masyarakat juga tidak beraktivitas di sisi 500 meter dari sepadan sungai, sebab berpotensi terjadi perluasan awan panas guguran dan banjir lahar sejauh 17 kilometer.

Topik Menarik