Kisah Kekerasan Seksual pada Pria, Diperkosa Istrinya Selama 10 Tahun

Kisah Kekerasan Seksual pada Pria, Diperkosa Istrinya Selama 10 Tahun

Berita Utama | BuddyKu | Jum'at, 30 Desember 2022 - 06:40
share

JAKARTA - Menurut data Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), sepertiga perempuan dan anak perempuan di dunia mengalami kekerasan seksual atau fisik di masa hidupnya. Namun, kekerasan juga bisa terjadi pada anggota keluarga laki-laki namun jarang dibicarakan.

Kekerasan domestik terhadap pria dipandang tabu di banyak negara, dan korbannya sering kali harus menghadapinya sendiri.

Seorang pria dari Ukraina, yang tak mau menyebutkan namanya, berbagi ceritanya pada BBC. Ini adalah kisahnya, dan saran dari ahli tentang bagaimana mengenali tanda-tanda serta bagaimana menghadapi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

"Saya tidak tahu apakah teman-teman saya curiga. Semuanya terlihat baik-baik saja dari luar: kami sering tersenyum, punya banyak teman, banyak uang, bahagia, dan kami percaya diri. Kami bepergian bersama ke setengah bagian dunia," terangnya.

"Saya tidak takut dengannya ketika kami bepergian, dia tidak akan menyakiti saya di hadapan orang lain. Yang paling saya hindari adalah ketika saya bersamanya sendiri," lanjutnya.

Baru belakangan ini dia menyadari jika mantan istrinya telah memperkosanya selama 10 tahun.

"Ira adalah cinta pertama saya. Kami bertemu ketika kami masih berusia awal 20-an tahun. Dia yang pertama kali mengajak saya kencan. Orang tua saya mengatakan saya harus keluar rumah secepatnya jika saya mulai pacaran. Dengan kata lain, berpasangan dengan orang lain berarti saya harus melepas keluarga dan rumah yang menaungi saya," ungkapnya.

Topik Menarik