5 Taman Labirin Paling Unik di Indonesia, Rutenya Sulit dan Bikin Penasaran

5 Taman Labirin Paling Unik di Indonesia, Rutenya Sulit dan Bikin Penasaran

Berita Utama | BuddyKu | Kamis, 8 Desember 2022 - 10:40
share

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak taman labirin di Indonesia yang terkenal unik dan indah. Beberapa di antara taman tersebut wajib dikunjungi karena dijamin akan membuat Anda penasaran.

Sejak pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang memilih untuk berlibur area outdoor. Salah satu yang menarik untuk dikunjungi adalah taman labirin.

Taman labirin ada di beberapa daerah di Indonesia. Tempat wisata ini cukup unik karena memiliki jalur yang berliku dan rumit. Wisata ini tentunya jadi pengalaman baru untuk wisatawan.

Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia ada lho taman labirin yang menarik untuk dikunjungi. Penasaran apa saja taman labirin yang unik dan indah untuk dikunjungi? Berikut ulasannya seperti dirangkum pada Kamis (8/12/2022).

1. Taman Bunga Nusantara, Jawa Barat

Taman labirin pertama yang wajib dikunjungi adalah yang berada di Taman Bunga Nusantara. Taman ini berlokasi di Cipanas, tepatnya berada di antara dua desa yaitu Kawungluwuk, Sukaresmi, Cianjur dengan Sukawangi, Sukamakmur, Jonggol, Jawa Barat. Taman Bunga Nusantara memiliki luas 35 hektare dan dekat dengan Gunung Gede Pangrango. Di sini Anda juga dapat menikmati pemandangan Kebun Teh Bogor.

Taman labirin di Cipanas ini merupakan gagasan arsitektural yang memiliki bentuk jalan berkelok-kelok tak berujung, mengarah ke istana atau tempat khusus. Jalanannya sengaja dibuat berkelok-kelok guna mengecoh musuh. Taman labirin di Taman Bunga Nusantara dibangun dengan pola Renaissance yang populer dalam sejarah arsitektur Eropa. Tak perlu takut tersesat saat masuk ke dalamnya, karena ada peta yang disediakan.

2. Taman Simalem Resort, Sumatera Utara

Taman labirin kedua yang wajib dikunjungi kali ini berada di Sumatera Utara. Taman Simalem Resort ini menyuguhkan berbagai aktivitas menarik, salah satunya adalah labirin raksasa. Berada di sini, wisatawan dapat merasakan sensasi tersesat di labirin raksasa. Anda bisa bermain dan menjelajah bersama keluarga. Saat berhasil keluar dari jalur labirin, akan ada pemandangan air mancur yang indah. Taman Simalem Resort berada di Jalan Raya Merek Sidikalang Kilometer 9, Sidikalang, Kodon-Kodon, Merek, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

3. Taman Labirin Balai Kota, Bandung

Taman kota di Bandung selalu menarik untuk dikunjungi. Kalau Anda berkesempatan datang ke Bandung, coba kunjungi Taman Labirin Balai Kota Bandung. Labirin ini memiliki empat sisi yang menjadi pintu masuk, sehingga cocok untuk anak-anak. Tak hanya itu, di area labirin juga terdapat spot gembok cinta yang hits seperti di Korea Selatan. Anda bisa menuliskan harapan dan keinginan apa pun di gembok itu, kemudian digantungkan di tempat yang tersedia. Seru banget yah?

4. Taman Labirin Pelaihari

Ada juga Taman Labirin Pelaihari yang berlokasi di Sungai Jelai, Kalimantan Selatan. Taman labirin ini berada di kawasan agrowisata sehingga suasananya sangat sejuk. Saat menelusuri labirin, Anda akan menemukan rusa tutul dan hutan buatan yang sangat indah. Rute labirin ini cukup sulit sehingga perlu kerja keras untuk menemukan jalan keluar.

5. Taman Labirin Coban Rondo

Selanjutnya ada Taman Labirin Coban Rondo yang berada di Malang. Lokasi ini tak pernah sepi oleh pengunjung dan kerap menjadi pilihan untuk berwisata. Labirin di tempat ini memiliki ketinggian sekitar dua meter sehingga pengunjung akan tertantang untuk melakukan petualangan di tempat ini. Keunikan dari taman labirin ini adalah rutenya yang suka berubah. Taman Labirin Coban Rondo terletak di jalan Jurangrejo, Pandesari, Pujon, Malang, Jawa Timur.

Topik Menarik