Juventus Akui Ronaldo Beri Banyak Gelar, tapi Finansial Tidak

Juventus Akui Ronaldo Beri Banyak Gelar, tapi Finansial Tidak

Berita Utama | BuddyKu | Jum'at, 1 Juli 2022 - 06:05
share

TURIN, PEDOMANMEDIA - Juventus mengakui tiga musim kebersamaan dengan Cristiano Ronaldo membawa banyak gelar ke Turin. Tapi sang pemain tak banyak memberi keuntungan finansial.

CEO Juve Maurizio Arrivabene mengungkapkan hal yang mengecewakan setelah merekrut Ronaldo. Bianconeri mendatangkan pemain terbaik dunia lima kali itu dari Real Madrid dengan tebusan 100 juta euro pada musim panas 2018.

Mendapatkan bintang sebesar Ronaldo bisa dibilang mendatangkan keuntungan bagi Juventus baik dari sisi teknis maupun ekonomis.

Ronaldo sendiri sukses menceploskan 101 gol dalam 134 penampilan untuk Juventus di seluruh kompetisi. Penyerang yang kini berusia 37 tahun itu membantu si Nyonya Besar memenangi dua Scudetto, satu Coppa Italia, dan dua Piala Super Italia. Meskipun Juve masih melempem di Liga Champions usai sekali finis perempatfinal dan dua kali beruntun rontok di babak 16 besar.

Namun demikian, harapan Juventus untuk memaksimalkan kehadiran Ronaldo dihantam pandemi COVID-19 yang mulai merebak di awal 2020. Ditambah dengan gaji Ronaldo yang sangat besar pada prosesnya Juve melepas si pemain ke Manchester United pada musim panas tahun lalu.

Setelah ditinggal Ronaldo, Juventus sempat kesulitan sebelum finis keempat di Liga Italia musim lalu. Arrivabene mengakui Juve gagal memaksimalkan potensi Ronaldo, meski dia yakin kepergian si pemain adalah keputusan yang tepat.

"Potensi Ronaldo tidak sepenuhnya terpenuhi karena COVID," ucap Arrivabene kepada Tuttosport. "Sayang sekali karena kehadiran dia tidak sepenuhnya dimanfaatkan, tapi ada fakta yang saya yakini bahwa Juventus itu lebih besar dari pemain manapun."

"Ini adalah sebuah klub dengan aturan-aturan yang tepat dan memiliki sejarah selama 125 tahun, sejarah yang lebih dari seabad tidak ditulis oleh seorang pemain saja."

"Jadi tim selalu lebih penting daripada individual. Juventus ada dan setiap orang di Juventus harus menghormati aturan-aturannya, dimulai dari saya sendiri," lugas Arrivabene menambahkan tentang Cristiano Ronaldo.

Topik Menarik