Barang Bukti Ganja dan Ribuan Bungkus Rokok Ilegal di Musnahkan Kejari Manggarai NTT

Barang Bukti Ganja dan Ribuan Bungkus Rokok Ilegal di Musnahkan Kejari Manggarai NTT

Nasional | belu.inews.id | Jum'at, 1 Maret 2024 - 22:13
share

MANGGARAI, iNewsBelu.id  - Kejaksaan Negeri (Kejari) Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), memusnahkan sejumlah barang bukti perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap (inkracht) berdasarkan putusan Pengadilan.

Kejari Manggarai mencatat, ada puluhan unit barang bukti yang dimusnahkan pihaknya dari belasan perkara yang telah berkekuatan hukum tetap menurut putusan Pengadilan Negeri (PN) Ruteng.

Kasi Intel Kejari Manggarai, Zaenal Abidin mengatakan, PN Ruteng dalam putusannya terhadap belasan perkara itu sekaligus merekomendasikan kepada Kejari Manggarai untuk melakukan pemusnahan barang bukti yang ada.

"Sejumlah 26 barang bukti dari 14 perkara yang telah berkekuatan hukum tetap berdasarkan putusan Pengadilan Negeri Ruteng yang menyatakan, terhadap barang bukti yang dimaksud agar dirampas untuk dimusnahkan sehingga tidak dapat dipergunakan kembali," ungkap Abidin, Rabu (28/2/2024).

Adapun barang yang dimusnahkan mencakup 19.200 bungkus rokok ilegal merek Saga, Thanos, dan VJ Star. Lainnya adalah ganja 1,3 gram, obat Trihexphendyl 20 tablet disertai bukti resep kedaluwarsa, senjata tajam, pipa, baju, dan dokumen.

Abidin menerangkan, pemusnahan barang bukti yang dilakukan pihaknya merupakan bagian dari pelaksanaan wewenang eksekutorial Kejaksaan seturut perintah Undang-undang yang berlaku.

Metode pemusnahannya, kata dia, dilakukan dengan cara dibakar, dan untuk barang bukti jenis besi dipotong sedemikian agar tidak bisa digunakan kembali oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

 

"Pelaksanaan kegiatan pemusnahan barang bukti merupakan bentuk pelaksanaan kewenangan eksekutorial Kejaksaan sesuai dengan Undang-undang yang berlaku, karena barang bukti adalah salah satu obyek eksekusi," jelas Abidin.

"Pemusnahan barang bukti tersebut dilakukan dengan cara dibakar dalam tong pembakaran, dan pemotongan dengan gerinda bagi barang bukti besi dan senjata tajam sampai tidak dapat dipergunakan kembali," imbuhnya.

Pemusnahan barang bukti ini dipimpin oleh Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejaksaan Negeri Manggarai, dilakukan di halaman parkir Kantor Kejari Manggarai, Ruteng, Selasa (27/2/2024).

Hadir pada kegiatan tersebut Kajari Manggarai, Ketua PN Ruteng, Wakapolres Manggarai, serta Kasi Penindakan dan Penyidikan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Labuan Bajo.
 

Topik Menarik