Wamendag Jerry: Kebijakan Proteksionis Idealnya untuk Industri yang Kompetitif

Wamendag Jerry: Kebijakan Proteksionis Idealnya untuk Industri yang Kompetitif

Ekonomi | bekasi.inews.id | Selasa, 21 Mei 2024 - 09:31
share

BEKASI, iNewsBekasi.id - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menyatakan, proteksi terhadap industri domestik diperlukan dan sangat penting, khususnya terhadap industri yang kompetitif. Hal itu disampaikan Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga.

"Namun, terhadap industri yang tidak kompetitif yang mengakibatkan biaya tinggi secara ekonomi tidak perlu lagi diproteksi," ungkap Jerry melalui keterangannya, Senin (20/5/2024).

"Justru dengan kita memacu industri domestik untuk lebih kompetitif maka industri kita akan dapat bersaing dan dapat meningkatkan kualitas dari industri itu sendiri," sambungnya.

Jerry mengatakan, persaingan menjadikan Indonesia jadi lebih baik, terutama pada produk-produk lokalnya. "Kadang kala kita harus agak memaksa industri lokal untuk bersaing mulai dari tingkat lokal, nasional, regional, dan global," katanya.

Jerry menuturkan, kadang kala proteksi terlalu berlebihan terhadap industri domestik yang tidak kompetitif bisa membuat proses negosiasi perjanjian dagang di tingkat internasional menjadi lebih sulit.

"Mungkin ini momen yang tepat untuk kita mencoba mengkaji kembali proporsionalitas dan objektifitas dari kebijakan yang terlalu proteksionis terhadap industri yang tidak kompetitif," tuturnya.

Dengan adanya keterbukaan, lanjut Jerry, mau tidak mau industri akan menjadi kompetitif karena sekarang dunia tidak lagi terbatas dan sangat dinamis.

Apalagi, interaksi antarnegara sekarang sudah tidak dibatasi, cepat dan dinamis. "Dengan fenomena ini, mau tidak mau industri kita akan semakin dipaksa menjadi lebih kompetitif," ucapnya.

Topik Menarik