Sekolah HighScope Indonesia Gelar VCI 2024 untuk Membina Jiwa Kewirausahaan di Jenjang SMA

Sekolah HighScope Indonesia Gelar VCI 2024 untuk Membina Jiwa Kewirausahaan di Jenjang SMA

Gaya Hidup | bekasi.inews.id | Jum'at, 10 Mei 2024 - 10:41
share

BEKASI, iNewsBekasi.id- Sekolah HighScope Indonesia menggelar Virtual Company Indonesia (VCI). VCI merupakan sebuah program simulasi bisnis bagi siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Tahun ini sekolah-sekolah yang mengikuti VCI antara lain SMKN 20 Jakarta, SMKN 51 Jakarta, SMKN 43 Jakarta, SMA HighScope Indonesia TB. Simatupang, dan SMA HighScope Indonesia Bali.

Program kegiatan tahunan VCI dimulai dari Business Plan Competition yang berlangsung pada Selasa, 13 Februari 2024 lalu di Sekolah HighScope IndonesiaTB. Simatupang.

Dalam kompetisi ini setiap perusahaan virtual yang terhubung dengan VCI mengikuti dan berkompetisi dalam ajang ini dengan mengeksplorasi ide bisnis dan kompetensi manajerialnya dalam mengelola perusahaan virtualnya di hadapan dewan juri yang terdiri dari para ahli dan praktisi bisnis.

Acara ini memberikan kesempatan kepada para peserta untuk mengasah kemampuan dan menambah wawasan karena selain dievaluasi, para pelaku bisnis dari berbagai industri juga diundang untuk berbagi pengalaman dan memberikan motivasi kepada para peserta.

Untuk event tahun ini para peserta mendapatkan penilaian dari Jessica Halim (Founder - demibumi.id), Muhammad Jupaka Syahputra (Serialpreneur), dan Susan Emir (CEO of Rumah Sabine).

Rangkaian acara ini dilanjutkan dengan VCI Trade Fair yang dilaksanakan pada Kamis, 25 April 2024 di Sekolah HighScope IndonesiaTB. Simatupang.

Pada VCI Trade Fair tahun ini, sebanyak 11 perusahaan virtual yang didirikan oleh siswa SMA dan SMKN yang tergabung dalam program VCI, memamerkan dan menjual konsep produk atau jasa yang sudah mereka kembangkan kepada para pengunjung pameran yang terdiri dari orang tua siswa, guru dan staf sekolah, serta para murid dari berbagai jenjang pendidikan.

Masing- masing perusahaan virtual membuat sebuah booth sebagai representasi dari konsep perusahaan mereka dan sekaligus sebagai tempat untuk memamerkan dan menjual konsep produk atau jasa mereka,kepada para pengunjung VCI Trade Fair.

Kegiatan ini mendapatkan respons positif dari para juri. Muhammad Jupaka Syahputra, seorang serialpreneur sangat terkesan dengan pengalamannya menjadi juri.

Saat dengar ada business competition di jenjang SMA-SMK saya awalnya kaget, karena lumayan jarang ya. Performa para peserta cukup di luar perkiraan. Karena saat melihat presentasi dari mereka hari ini, sudah tidak di level SMA dan SMK sih, sudah di level investment deck yang biasa saya terima dari teman-teman UMKM. Ternyata di level mereka sudah bisa lho membuat deck yang sudah sangat proper dan well-managed dari sisi detail dan iden bisnisnya sendiri, katanya.

Jessica Halim, founder dari demibumi.id menambahkan, yang paling menarik saat menjadi juri adalah dirinya juga jadi terinspirasi dari ide-ide para peserta.

"Jadi kita bisa melihat visi-misi baru untuk anak-anak generasi muda ini seperti apa, mindset mereka seperti apa. Kita juga terbuka wawasannya, jadi sebenarnya program ini bukan cuma bagus untuk mereka, tapi juga bagus untuk entrepreneur lainnya, untuk melihat kembali masa depan, tuturnya.

Para peserta berbagi pengalaman mereka di VCI Trade Fair 2024. Dea dari SMKN 20 Jakarta menyampaikan, manfaat event ini banyak sekali, salah satunya melatih public speaking, skill salesmanship, dan membangun koneksi dengan berkenalan dengan banyak siswa dari sekolah-sekolah lain.

Gus Adi dari SMA HighScope Indonesia Bali sangat senang karena bisa mewakili sekolahnya untuk pertama kalinya di rangkaian kegiatan VCI.


Berikut adalah pemenang dari setiap kategori:

Outstanding Presentation: Waroeng Pitu (Advanced), Techsana (Basic)
Best Marketing Strategy: Bimata (Advanced), Scentopia (Basic)
Best Innovative Idea: Energym (Advanced), Seutas Tuju (Basic)
Best Business Plan: Anise (Advanced), Berenice (Basic)

Berikut ini adalah para pemenang 2024 VCI Trade Fair:

Best Catalog Design: Anise (Gold), Bucket Coin (Gold), Waroeng Pitu (Silver), Bimata (Silver)
Best Website Design: Anise (Gold), Energym (Gold), Waroeng Pitu (Silver), Huco (Silver)
Best Video Commercial: Anise (Gold), Waroeng Pitu (Gold), Seutas Tuju (Silver), Scentopia (Silver)
Best Sales Pitch: Scentopia (Gold), Waroeng Pitu (Gold), Anise(Silver), Energym (Silver)
Best Booth Design: Waroeng Pitu (Gold), Anise (Gold), Energym (Silver), Bimata (Silver)

Topik Menarik