Tren Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikromobilitas Alami Peningkatan

Tren Perjalanan Komuter Melalui Armada Mikromobilitas Alami Peningkatan

Gaya Hidup | bekasi.inews.id | Kamis, 2 Mei 2024 - 14:31
share

BEKASI, iNews.id- Kesadaran akan gaya hidup yang lebih berkelanjutan terus meningkat di kalangan masyarakat Indonesia, yang tercermin dari peningkatan penggunaan armada transportasi mikro.

Berdasarkan data operasional dari BEAM Mobility, perusahaan berbagi transportasi mikro terbesar di Asia Pasifik, terjadi peningkatan perjalanan komuter dengan armada BEAM Mobility di Indonesia, terutama pada hari kerja.

Selama bulan Januari hingga Maret 2024, BEAM Mobility melayani 30.233 perjalanan komuter di area Bintaro dengan kenaikan rata-rata 5.53 setiap bulannya, dan 14.917 perjalanan di Alam Sutera.

Ricky Sjofyan, Country Lead BEAM Mobility Indonesia, mengatakan, BEAM Mobility berupaya untuk menyediakan layanan mikromobilitas yang terjangkau dan ramah lingkungan bagi masyarakat Indonesia.

“Berdasarkan data kami, tren peningkatan perjalanan komuter telah terjadi sejak Agustus 2023, bahkan mencapai puncaknya pada Desember 2023 di Bintaro dengan lebih dari 2.000 perjalanan komuter pada hari kerja,” kata Ricky pada Rabu (2/5/2024).

Ricky menjelaskan, hal ini menunjukkan perkembangan pasar komuter di kawasan Bintaro dan Alam Sutera yang cukup pesat dalam beberapa bulan terakhir.

“Sejak awal, kami berkomitmen untuk mendukung aktivitas para komuter melalui layanan armada sepeda listrik kami,” jelasnya.

Ricky juga mencatat peningkatan perjalanan dengan armada BEAM Mobility di kawasan pemukiman Bintaro, terutama di area perkantoran dan stasiun kereta.

Data operasional menunjukkan bahwa perjalanan dari stasiun Pondok Ranji Baru dan stasiun Jurang Mangu merupakan kontributor signifikan bagi jumlah perjalanan komuter di Bintaro, dengan 4.157 perjalanan dari 4 titik parkir, diikuti dengan perjalanan dari beberapa area apartemen di Bintaro, mencapai 1.702 perjalanan dari 5 titik parkir.

“Tren penggunaan layanan mikromobilitas oleh para komuter adalah fenomena global, seperti yang terjadi di Korea Selatan, Australia, dan Selandia Baru, di mana layanan BEAM Mobility didominasi oleh para komuter,” tuturnya.

Ika Siswanti, seorang warga Bintaro dan pengguna setia layanan BEAM Mobility, mengaku memilih layanan tersebut sebagai pengguna Commuter Line karena kebutuhan akan transportasi yang cepat dan efisien dalam hal biaya untuk menuju ke stasiun kereta terdekat.

“Hingga saat ini, armada BEAM Mobility selalu memenuhi ekspektasi saya. Layanan ini telah menjadi pilihan saya dibandingkan dengan moda transportasi lain ketika saya menjelajah area Bintaro,” ungkapnya.

Ika juga menekankan bahwa berbagai destinasi di sekitar Bintaro dapat dicapai dengan mudah tanpa khawatir akan biaya perjalanan yang tinggi, memberikan kenyamanan dan kebebasan dalam menjalankan kegiatan sehari-hari.

Penggunaan armada BEAM Mobility selama tahun 2023 telah berhasil mengurangi emisi CO2 sebesar 238 ton dibandingkan dengan penggunaan sepeda motor.

Armada BEAM Mobility memiliki kecepatan maksimum 25km/jam, dengan petunjuk penggunaan dan keselamatan berkendara yang terpasang pada setiap armada.

BEAM Mobility juga menyelenggarakan program pelatihan armada secara gratis yang disebut Beam Safe Academy untuk memperkenalkan armada mereka kepada masyarakat lebih lanjut.
 

Topik Menarik