4 Kuliner Khas Sukabumi, Ada Nasi Uduk Ungu

4 Kuliner Khas Sukabumi, Ada Nasi Uduk Ungu

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Senin, 6 Mei 2024 - 21:00
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Sukabumi merupakan salah satu surganya kuliner di Jawa Barat, yang sayang untuk dilewatkan bagi para pecinta kuliner nusantara.

Ada sejumlah makanan khas Sukabumi yang dapat dinikmati mulai hidangan sarapan hingga makanan yang resepnya diperoleh dari seorang berkebangsaan Belanda.

Berikut, rekomendasi 4 kuliner khas Sukabumi yang wajib dicoba:

Mochi

Mochi telah dikenal sebagai makanan khas Sukabumi. Kue ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh.

Konon katanya, keberadaan mochi di Sukabumi terkait dengan keberadaan penjajah Jepang pada masa itu. Pada saat itu, Jepang meminta bantuan warga pribumi untuk membuat mochi pada saat acara. 

Pada perkembangannya, beberapa pribumi kemudian membuat sendiri untuk kudapan. Lama kelamaan, mochi semakin dikenal dan berkembang di Sukabumi.

 

Roti Priangan

Roti Priangan memiliki tekstur lebih berserat dibandingkan roti pada umumnya. Resep roti diperoleh dari seorang berkebangsaan Belanda. 

Dahulu, roti priangan memiliki merek dagang "Preanger". Roti yang telah dibuat sejak 1943 masih dicari hingga saat ini. 

Nasi Uduk Ungu

Unik, berbeda dari nasi uduk biasanya, di Sukabumi ada nasi uduk ungu adalah nasi uduk yang terbuat dari ubi ungu yang sudah dihaluskan. 

Rasa nasi uduk ungu berupa manis yang berasal dari ubi ungu yang bercampur dengan rasa gurih. Cara penyajian nasi uduk ungu seperti halnya nasi uduk pada umumnya, yaitu nasi disajikan dengan tambahan lauk berupa ayam goreng, tahu, telur dadar, tempe, sambal, dan lalapan.

Bubur Ayam Bunut

Sama dengan bubur pada umumnya, bubur ayam bunut berisikan bubur, cakwe, seledri iris, kedelai goreng, ayam suwir, yang dilengkapi kerupuk atau emping. Bubur ayam bunut sangat mudah ditemukan pada pagi hari.

Itulah rekomendasi 4 kuliner khas Sukabumi yang wajib dicoba.

Topik Menarik