Ridwan Kamil Aktifkan Kembali Jabar Quick Response, Kini Diperluas Skala Nasional

Ridwan Kamil Aktifkan Kembali Jabar Quick Response, Kini Diperluas Skala Nasional

Terkini | bandungraya.inews.id | Kamis, 2 Mei 2024 - 13:00
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengaktifkan kembali organisasi kemanusiaan Jabar Quick Response (JQR) yang telah dibubarkan oleh Penjabar Gubernur Jabar, Bey Machmudin.

Berbeda dengan sebelumnya, kali ini Ridwan Kamil memperluas gerak aktif JQR di level nasional dengan membentuk Indonesia Quick Response.

"Manusia terbaik adalah yang hidupnya bermanfaat untuk masyarakat, melalui harta, ilmu, kekuasaan, atau waktunya, salah satu melalui kerelawanan kemanusiaan," tulis Kang Emil, sapaan akrabnya, lewat Instagram pribadinya, Kamis (2/5/2024).

"Kami dari @jabarquickresponse JQR berniat untuk meluaskan kebermanfaatan organisasi kemanusiaan ini di level se tanah air, dengan membentuk organisasi @indonesiaquickresponse," tambahnya.

Kang Emil mengatakan, meski telah dibubarkan oleh Bey Machmudin, namun kebermanfaatan JQR untuk menolong antar sesama tidak akan pernah padam.

"Meski 160 ribuan jiwa sudah ditolong, JQR sudah dibubarkan oleh PJ Gub Jawa Barat dengan alasan yang sangat administratif. Walaupun begitu semangat menolong sesama dari para relawannya tidak akan pernah padam," ungkapnya.

"Kemanusiaan Kita harus tetap menyala walau tidak didukung negara," sambungnya.

Oleh karena itu, Kang Emil pun mengajak seluruh masyarakat untuk ikut bergabung bersama Indonesia Quick Response dengan membentuk perwakilan di setiap daerah.

"Mari kita bentuk perwakilan-perwakilan di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua dan lainnya. Bagi mereka yang bersemangat untuk berjejaring di wilayahnya silakan kontak admin @indonesiaquickresponse," katanya.

Kang Emil menyebut, nantinya akan ada empat bidang yang menjadi fokus Indonesia Quick Response, di antaranya bidang kemanusiaan atau kebencanaan, pendidikan, kesehatan, dan lingkungan.

"Selama manusia itu ada di muka bumi ini, selama itu masalah kemanusiaan selalu ada. Menolong satu manusia sama dengan menolong seluruh kemanusiaan," imbuhnya.

"Hayu bergabung bersama saya dan kawan-kawan menjadi relawan @indonesiaquickresponse di provinsi masing-masing," tandasnya.

Untuk diketahui sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar resmi membubarkan JQR yang merupakan organisasi kemanusian bentukan mantan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil.

Program ini tidak dilanjutkan oleh Penjabat Gubernur Jabar, Bey Machmudin dan sudah secara resmi dibubarkan sejak 31 Desember 2023.

"Iya (JQR telah dibubarkan). Kami berterima kasih kepada JQR yang telah melaksanakan tugas dengan luar biasa dan semoga yang telah dilakukan membawa kebermanfaatan bagi semua," ucap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Jabar, Ika Mardiah, Selasa (2/1/2024).

Topik Menarik