Yuk Intip 50 Karya Seni Lukis Perupa Perempuan di SuJiVa Resto & Art Space

Yuk Intip 50 Karya Seni Lukis Perupa Perempuan di SuJiVa Resto & Art Space

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Rabu, 1 Mei 2024 - 10:20
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - SuJiVa Resto & Art Space menggelar Pameran bertajuk Mata Perempuan dalam rangka memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April setiap tahunnya. Kegiatan ini berlangsung selama tiga pekan terhitung sejak 28 April hingga 18 Mei 2024.

Pameran Mata Perempuan ini dihadiri 25 perupa perempuan dengan berbagai karya lukisan yang siap ditampilkan di seluruh area SuJiVa Resto & Art Space, selama pameran berlangsung.

Kurator Pameran, Arleti Mochtar Apin mengatakan, tujuan diadakannya pameran ini agar para perupa lukis baik yang baru merintis mulai dari siswa SMP, mahasiswa, hingga perupa berpengalaman, memiliki ruang untuk memamerkan karyanya.

"Keunikan pameran ini karena gabungan antara pendidik dan siswanya tanpa sekat. Agar dapat dibuktikan langsung kuatnya energi, tanggung jawab dan upaya perempuan dalam mendidik," ucap Arleti, Selasa (30/4/2024).

Arleti menyebut, ada sebanyak 50 karya yang ditampilkan oleh para perupa.

"Perupa ini bukan sekedar menuangkan ungkapan pribadi. Tetapi ada juga bentuk kepedulian dan upaya untuk mendidik. Seperti pada karya yang menggambarkan cerita legenda," ungkapnya.

Menurutnya, pameran Mata Perempuan ini menjadi salah satu usaha kaum perempuan untuk ambil bagian dalam literasi budaya dari tutur ke dalam visual lewat seni.

"Memaknai Kartini dimasa ini ada peluang yang luas dan beragam cara masing - masing," ujarnya.

Arleti menilai, pemilihan tempat penyelenggaraan pameran ini juga sangat cocok, sehingga para pengunjung bisa menikmati indahnya karya perupa dan lezatnya hidangan SuJiVa Resto.

"SuJiVa menjadi ruang yang tepat karena juga merupakan restoran sehingga penikmat yang datang bisa sambil bersantai menikmati hidangan," imbuhnya.

Sementara itu, Pemilik SuJiVa Resto & Art Space, Heni Smith mengungkapkan, pameran Mata Perempuan ini menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk berbagi persepsi para perupa tentang hidup.

"Tujuan dari pameran ini memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk berbagi persepsi para perupa baik yang senior maupun junior tentang hidup," ucap Heni.

Heni mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi dan terus mengembangkan potensi kaum perempuan.

"Harapan besar bagi para perempuan bahwa dari pameran ini dapat menginspirasi terus mengembangkan potensi, minat dan spirit. Takdir perempuan tetap dapat sejalan dengan kegiatan positif dalam bidang apapun," katanya.

Heni juga berharap, penggiat seni perempuan di bidang lukis, perhiasan, hingga makanan dan minuman semakin dikenal khalayak luas dan termotivasi untuk terus berkreativitas dan meningkatkan kemampuan soft skillsnya dengan diadakannya lokakarya.

"Saya siap memfasilitasi dan mendukung kemajuan para generasi muda khususnya perempuan di Indonesia khususnya Bandung," tandasnya.

Berikut ini rangkaian acara lainnya, yaitu:

4 Mei: Lokakarya Tamarin Painting Anak oleh Komunitas Potads
5 Mei: Lokakarya Tamarin Painting Umum
11 Mei: Lokakarya Barista & Bar Take Over oleh Indonesia Chef Association (ICA)
12 Mei: Lokakarya Memasak bersama Chef oleh Indonesia Chef Association (ICA)
15 Mei: Lokakarya Busana oleh Mia Syarief, koreografer oleh Deden Siswanto
18 Mei: Pameran Perhiasan oleh Tulola & Happy Salma, Bandoeng Menari oleh Hot Mama Dance Club

Topik Menarik