Pakta Integritas Catar Akademi TNI 2024, Pangdam Siliwangi: Jangan Tergiur Oknum Janjikan Kelulusan

Pakta Integritas Catar Akademi TNI 2024, Pangdam Siliwangi: Jangan Tergiur Oknum Janjikan Kelulusan

Terkini | bandungraya.inews.id | Minggu, 28 April 2024 - 20:00
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar mengimbau para orang tua calon taruna (catar) Akademi TNI tahun 2024 untuk tidak tergiur oknum yang menjanjikan dapat meluluskan anaknya. 

Imbauan itu disampaikan Pangdam Siliwangi saat memberikan sambutan seusai memimpin penandatanganan pakta integritas calon taruna (Catar) Akademi Militer (Akmil) Tahun 2024 Panitia Seleksi Integratif Daerah (Panselinda) Bandung di GOR Saparua, Jalan Banda, Kota Bandung, Minggu (28/04/2024).

“Mekanisme untuk mengikuti seleksi calon taruna bisa diakses dan harus dipahami oleh seluruh peserta yang akan ikut seleksi, sehingga harus dipersiapkan sebelumnya,” kata Pangdam Siliwangi.

Mayjen TNI Muhammad Fadjar menyatakan, seleksi penerimaan catar Amil tidak dipungut biaya sepeser pun dan dilakukan secara berlapis, dari administrasi tingkat daerah sampai ke pusat.

“Saya minta kerja sama dari orang tua catar agar tidak tergiur apabila ada oknum tidak bertanggung jawab yang menjanjikan kelulusan putranya. Saya menyatakan, tidak ada calo dalam kegiatan seleksi,” ujar Mayjen TNI Muhmmad Fadjar.

 

Apabila para calon taruna dinyatakan lulus murni saat kegiatan seleksi, semuanya karena kehendak Tuhan yang telah memberikan jalan hidup untuk bergabung di TNI.

Pangdam menegaskan, negara harus tetap eksis dan berdiri kokoh sehingga pertahanan harus kuat. Untuk itu harus dijaga agar generasi penerus di TNI adalah orang-orang terbaik yang mempunyai jiwa ingin terus mempertahankan eksistensi NKRI.

“Gagalnya kita hari ini menentukan siapa yang akan melanjutkan kepemimpinan TNI, maka gagal juga negara ini. Karena TNI adalah pilar negara sehingga jika TNI roboh, maka roboh juga negara kita,” tegas Pangdam. 

Untuk diketahui, peserta seleksi calon Catar Akademi TNI Tahun 2024 untuk tingkat Panselinda Bandung diikuti sebanyak 795 orang yang terdiri dari peserta seleksi Catar TNI AD 431 orang, TNI AL 214, dan TNI AL 150.

Secara umum, persyaratan untuk menjadi Catar Akademi TNI 2024 adalah bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI, tidak memiliki catatan kriminalitas, menganut salah satu dari 6 agama yang dianut di Indonesia.

Tinggi badan minimal 163 sentimeter (cm) dan berat badan ideal. Selain itu, usia paling tinggi 22 tahun saat pembukaan pendidikan 1 Agustus 2024 dan terakhir memiliki ijazah minimal SMA/MA jurusan IPA/kurikulum merdeka.

 

Turut hadir dalam acara penandatanganan pakta integritas Catar Akademi TNI 2024 Panselinda Bandung, antara lain, Irdam III/Siliwangi, Kapoksahli Pangdam III/Siliwangi, Asintel dan Aspers Kasdam III/Siliwangi, Sekretaris Itdam.

Kaajendam, Kajasdam, Karumkit Tingkat II Dustira, Danlanal Bandung, Kadisops Lanud Husein Sastranegara, para orang tua calon taruna, dan 957 peserta seleksi Catar Akademi TNI TA 2024.

Topik Menarik