Jadwal dan Head to Head Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23

Jadwal dan Head to Head Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23

Olahraga | bandungraya.inews.id | Sabtu, 27 April 2024 - 11:30
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Uzbekistan di babak semififinal Piala Asia U-23 2024, yang akan digelar pada Senin (29/4/2024) mendatang.

Pertandingan yang akan berlangsung Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium itu, akan menentukan siapa yang berhak lolos melaju ke partai final Piala Asia U-23 2024.

Lantas, bagaimana head to head Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan?

Tercatat, kedua tim setidaknya pernah bertemu sebanyak enam kali, baik melalui kelompok umur ataupun di level Timnas Senior.

Di level Timnas Senior, Indonesia pernah berjumpa Uzbekistan di babak Kualifikasi Piala Dunia 1998 Zona Asia. Saat itu, Timnas Indonesia dan Uzbekistan masuk Grup 5.

 

Ketika menjamu Uzbekistan di Surabaya, Timnas Indonesia harus puas bermain imbang 1-1. Kemudian saat bertandang ke Tashkent, skuad Garuda pulang dengan kekalahan telak 0-3.

Sedangkan di Timnas Indonesia U-24, skuad Garuda kalah 2-0 dari Uzbekistan di babak 16 besar Asian Games 2022 lalu.

Adapun untuk Timnas Indonesia U-23, kedua tim juga pernah bertemu pada laga persahabatan pada 2018 silam, dengan hasil akhir 0-0.

Di level yang lebih junior lagi, Timnas Indonesia dan Uzbekistan juga pernah bertemu yakni di Piala Asia U-20 2023. Kedua tim bermain imbang 0-0 di laga pamungkas fase grup.

Teranyar, Timnas Indonesia U-20 dan Uzbekistan juga bertemu pada bulan Januari lalu, di mana duel tersebut dimenangkan Uzbekistan dengan kemenangan tipis 2-3.

 

Dengan sejarah pertemuan tersebut, Timnas Indonesia belum pernah menang satu kalipun melawan Uzbekistan di semua kolompok umur.

Kendati demikian, Timnas Indonesia U-23 saat ini telah mengalami banyak perubahan yang sangat pesat. Bisa jadi, pertemuan antar kedua tim menjadi momentum kebangkitan bagi Timnas Indonesia U-23.

Ditambah lagi, skuad Garuda kini memiliki banyak amunisi, termasuk di antaranya adalah pelatih Shin Tae-yong.

Sebelumnya, Shin Tae-yong telah membuktikan jurus jitu yang membuat negara asalnya tersisih di babak delapan besar Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Jumat (26/4/2024).

"Saya sangat senang dan bahagia, tetapi di sisi lain, ini sangat menyedihkan dan sulit. Pemenangnya harus ditentukan, dan sekarang saya bertanggung jawab atas tim Indonesia. Saya harus melakukan yang terbaik untuk Indonesia," kata Shin Tae-yong.

 

Shin Tae-yong mengakui, hasil ini meningkatkan kepercayaan diri timnya. Menurut juru taktik berusia 53 tahun itu, target ke final pun kini menjadi hal yang mungkin dicapai timnas U23 Indonesia.

"Saya tidak bisa mengatakan bahwa kami tak bisa memenangkan kejuaraan. Jelas, kami bisa mencapai final. Hal itu memberi kami kepercayaan diri dan kami mampu mencapai empat besar," ungkapnya.

Topik Menarik