Persiapan Championship Series, Tim Persib Ikuti Sosialisasi Penggunaan VAR

Persiapan Championship Series, Tim Persib Ikuti Sosialisasi Penggunaan VAR

Terkini | bandungraya.inews.id | Selasa, 23 April 2024 - 23:00
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Seluruh anggota tim Persib, dari pemain, pelatih hingga ofisial mengikuti sosialisasi protokol penggunaan Video Assistant Referee (VAR) dari PT Liga Indonesia Baru (LIB). 

Diketahui, sosialisasi tersebut digelar di Graha Persib, pada Selasa (23/4/2024).

Sosialisasi dilakukan karena PT LIB berencana menerapkannya di babak championship series Liga 1 2023/2024. 

Selain Persib, PT LIB juga akan melakukan sosialisasi kepada tiga kontestan championship series lainnya. Dalam acara sosialisasi tersebut, para pemain, pelatih dan ofisial Persib tampak antusias mengikuti dan berdiskusi.

Mereka berharap, penerapan VAR bisa meningkatkan kualitas permainan sepakbola di Indonesia.

 

Pelatih Persib Bojan Hodak mengakui, sosialisasi seperti diperlukan karena pemain dan pelatih terkadang lupa dengan aturan-aturan di lapangan.

"Ini bagus untuk mengedukasi kami. Karena kadang kami juga lupa dengan beberapa peraturan, termasuk soal VAR. Sosialisasi ini bisa menjelaskan beberapa hal yang tidak jelas. Jadi setelah presentasi ini, anak-anak jadi lebih mengerti dan paham,” ujar Bojan, dikutip dari laman resmi Persib, Selasa (23/4/2024).

Sementara itu, Asisten Instruktur VAR PSSI, Fachrizal Tahar mengatakan, VAR akan mengintervensi beberapa hal di lapangan terkait gol atau tidak gol, kartu merah langsung, identifikasi yang salah dalam memberikan keputusan serta kejadian-kejadian di dalam kotak penalti.

Fachrizal mengatakan, sisi infrastruktur dalam penggunaan VAR ini sudah siap, termasuk penambahan kamera dari yang biasanya 8 menjadi 10. 

Selain itu, perangkat pertandingan pun bertambah dari 4 wasit menjadi 6 orang, plus seorang operator. Tambahannya adalah wasit VAR, asisten wasit VAR dan replay operator (RO) yang ada di dalam ruangan.

Topik Menarik