Gunung Dukono Erupsi Muntahkan Kolom Abu Tebal Setinggi 1200 Meter

Gunung Dukono Erupsi Muntahkan Kolom Abu Tebal Setinggi 1200 Meter

Terkini | bandungraya.inews.id | Selasa, 23 April 2024 - 12:30
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melaporkan, telah terjadi erupsi di Gunung Dukono, Maluku Utara pada Selasa (23/4/2024) pukul 09:41 WIT.

PVMBG mengatakan, erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo 27 mm dan dan lama gempa 51.41 detik. Selain itu, tinggi kolom abu teramati sekitar 1.200 m di atas puncak atau 2.287 m di atas permukaan laut.

"Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara," tulis keterangan resmi PVMBG.

Atas peristiwa ini, PVMBG menetapkan status Gunung Dukono berada pada Level II atau waspada. Tak itu, PVMBG juga mengeluarkan dua rekomendasi bagi masyarakat, di antaranya:

1. Masyarakat di sekitar Gunung Dukono dan pengunjung/wisatawan agar tidak beraktivitas, mendaki, dan mendekati Kawah Malupang Warirang di dalam radius 3 km.

 

2. Mengingat letusan dengan abu vulkanik secara periodik terjadi dan sebaran abu mengikuti arah dan kecepatan angin, sehingga area landaan abunya tidak tetap, maka direkomendasikan agar masyarakat di sekitar Gunung Dukono untuk selalu menyediakan masker/penutup hidung dan mulut untuk digunakan pada saat dibutuhkan guna menghindari ancaman bahaya abu vulkanik pada sistem pernafasan.

Topik Menarik