Bey Ungkap Keteladanan Solihin GP Jadi Contoh Warga Jabar

Bey Ungkap Keteladanan Solihin GP Jadi Contoh Warga Jabar

Terkini | bandungraya.inews.id | Selasa, 5 Maret 2024 - 11:33
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya sesepuh Jabar yakni Letnan Jenderal TNI (Purn) Solihin Gautama Purwanegara atau yang akrab disapa Mang Ihin.

"Innalillahi wa innailaihi rojiun, pertama saya atas nama pribadi dan pemerintah Provinsi Jabar dan seluruh warga Jabar menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Mang Ihin dan kita doakan semoga almarhum wafat dalam Khusnul khatimah dan diterima amal ibadahnya dan diberikan tempat yang paling mulia di sisi Allah SWT, ucap Bey saat berada di rumah duka, Jl Cisitu Indah, Dago, Bandung, Selasa (5/3/2024).

Bey menyampaikan, sosok Mang Ihin yang juga mantan Gubernur Jabar ini merupakan tokoh besar di Jabar sekaligus tokoh nasional.

"Beliau kan gubernur Jawa barat dari periode 1970 sampai 1974 walaupun sudah lama tapi tetap kita kenang jasa beliau sebagai gubernur dan saya rasa kita semua tahu bahwa Mang Ihin adalah tokoh besar Jabar dan tokoh nasional dan saya rasa juga tokoh nasional juga banyak kehilangan atas sosok pak Solihin GP ini," ujarnya.

Selain menyampaikan doa dan dukungan moril untuk keluarga yang ditinggalkan, Bey juga menyampaikan pesan Mang Ihin terkait revitalisasi daerah Sungai Citarum yang sempat dititipkannya pada 2018 lalu.

"Dan tahun 2018 saya kesini bersama Presiden Jokowi dan waktu itu Mang Ihin menitipkan revitalisasi daerah Sungai DAS Citarum, nah ini beliau walaupun dalam usia yang sepuh waktu itu 2018 tetap memikirkan kepentingan bangsa dan negara, ungkapnya.

Mengingat hal itu, Bey pun menilai ketegasan dan keteladanan Mang Ihin dalam memimpin harus menjadi contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Jadi beliau minta revitalisasi das Citarum direplikasi di banyak tempat, jadi artinya ketegasan beliau dalam memimpin, dan keteladanan beliau menjadi contoh kita sehari-hari dan harus kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita tentunya kehilangan," tandasnya.

Diketahui, Mang Ihin berpulang pada usia 97 tahun di Rumah Sakit Advent Kota Bandung, sekitar pukul 03:09 WIB WIB, pada Selasa (5/3/2023).

Topik Menarik