Hasil Survei, 75 Persen Warga Rusia Yakin Keberadaan Alien

Hasil Survei, 75 Persen Warga Rusia Yakin Keberadaan Alien

Berita Utama | balikpapan.inews.id | Jum'at, 12 April 2024 - 02:00
share

MOSKOW, iNewsBalikpapan.id - Hasil survei publik yang dilakukan Pusat Penelitian Opini Publik (VTSIOM) mengungkap, sekitar 75 persen warga Rusia yakin dengan keberadaan alien atau kehidupan di planet lain. Survei tersebut digelar untuk menyambut Hari Internasional Penerbangan Manusia ke Luar Angkasa yang diperingati setiap 12 April.

Angka tersebut meningkat 14 persen dibandingkan survei serupa yang dilakukan VTSIOM pada 2008.

Polling menunjukkan, 36 persen responden percaya dengan adanya bentuk kehidupan cerdas di planet lain. Sebanyak 39 persen lainnya menilai kehidupan di planet lain mungkin ada meski bentuknya tak seperti penggambaran manusia saat ini.

Sementara itu, 20 persen responden tak yakin dengan adanya kehidupan di planet lain, bahkan menganggapnya mustahil.

Hasil survei VTSIOM juga mengungkap, 66 persen responden yakin suatu saat nanti manusia bisa hidup di planet lain. Angka tersebut meningkat tajam dibandingkan 51 persen pada 2008.

Selain itu 35 persen responden yakin, fenomena kosmik seperti jilatan api dan ledakan matahari, meteor jatuh, dan pembentukan lubang hitam bisa memengaruhi kehidupan manusia.

Sekitar 33 persen dari menilai fenomena seperti itu bisa berdampak negatif pada kondisi fisik seseorang secara umum.

Survei yang dilakukan VTSIOM pada 5 April itu melibatkan 1.600 responden berusia di atas 18 tahun.

Hari Internasional Penerbangan Manusia ke Luar Angkasa diperingati setiap 12 April, didedikasikan bagi penerbangan berawak pertama yang dilakukan pada 12 April 1961 oleh kosmonot Uni Soviet Yuri Gagarin. Di Rusia, peringatan tersebut disebut Hari Kosmonautika.

Topik Menarik