Peringati Hardiknas 2024, SMP Muhammadiyah PK Berikan Penghargaan Guru dan Siswa Berprestasi

Peringati Hardiknas 2024, SMP Muhammadiyah PK Berikan Penghargaan Guru dan Siswa Berprestasi

Nasional | badung.inews.id | Kamis, 2 Mei 2024 - 21:20
share

SOLO, iNewsbadung.id - Peringati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024, Kamis (2/5/2024), SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta berikan penghargaan bagi guru dan siswa berprestasi. 

Muhdiyatmoko, M.Pd., Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah PK saat menyampaikan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia, Nadiem Makarim mengatakan bahwa momentum merdeka belajar bisa dimanfaatkan untuk berkompetisi dalam mengembangkan diri dan memajukan pendidikan di Indonesia.

Sesuai tema Hardiknas 2024 yakni bergerak bersama, lanjutkan merdeka belajar, Muhdiyatmoko mendorong agar menjadikan momentum Hardiknas sebagai semangat membangun generasi emas Indonesia yang cerdas dan berakhlakul karimah. 

Bersamaan dengan peringatan Hardiknas, SMP Muhammadiyah PK juga memberikan apresiasi bagi guru dan siswa berprestasi. 

Disebutkan Muhdiyatmoko, prestasi yang sudah diraih guru dan siswa tidak hanya di tingkat kota, tetapi juga tingkat provinsi, nasional hingga  internasional. 

"Prestasi-prestasi guru dan siswa cukup membanggakan dan menjadi momentum sejarah perjalanan sekolah kita, sehingga semua prestasi harus diapresiasi,” ujar Muhdiyatmoko.

 

Pada peringatan yang digelar di halaman sekolah, SMP Muhammadiyah PK menyerahkan 21 penghargaan untuk siswa dan satu penghargaan bagi guru. 

Dari 21 prestasi bagi sisea, ada 14 prestasi akademik seperti kejuaraan lomba Matematika, IPA, IPS dan Bahasa Inggris. 

Sedangkan tujuh prestasi non akademik antara lain film indie, musikalisasi puisi, dai cilik, MTQ (Musabaqah Tilawatil Quran) dan Basket 8 besar Liga Solo.

Sementara guru berprestasi diraih Nurul Fitria, karena berhasil menggondol medali emas inovasi belajar tingkat nasional.

Aji Muhammad Raihan, salah satu siswa yang meraih prestasi mengaku senang dan termotivasi atas penghargaan dan apresiasi yang diberikan sekolah. 

Siswa yang mendapatkan tiga prestasi yakni medali perunggu IPA, Juara 1 story telling dan medali perunggu IPS ini bertekad terus mengembangkan diri dan maju berkompetisi pada jenjang berikutnya.

 

Muhdiyatmoko berharap, sesuai tema Hardiknas, guru-guru semakin kreatif dan inovatif melakukan kegiatan pembelajaran di kelas, termasuk memaksimalkan pelayanan kepada siswa dan orang tua. 

Sekolah, diakui Muhdiyatmoko semakin tertantang meningkatkan kompetensi masing-masing, karena era digital mengharuskan guru dan tenaga kependidikan melek IT (informasi dan teknologi).

Selain membagikan penghargaan, peringatan Hardiknas yang dihadiri 
siswa, guru dan tenaga kependidikan ini juga menggelar pelantikan pengurus Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) ranting sekolah. 

Pelantikan dilakukan Pimpinan Cabang IPM, serta disaksikan Kepala Sekolah.

Semoga tulisan tentang peringati Hardiknas 2024, SMP Muhammadiyah PK berikan penghargaan guru dan siswa berprestasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik