Solo Indonesia Culinary Festival 2024 Angkat Soto Jadi Tema Utama

Solo Indonesia Culinary Festival 2024 Angkat Soto Jadi Tema Utama

Nasional | badung.inews.id | Minggu, 28 April 2024 - 20:10
share

SOLO, iNewsbadung.id - Solo Indonesia Culinary Festival (SICF) 2024 angkat soto jadi tema utama, setelah sukses dengan perhelatan serupa yang mengangkat sambel, tahu dan sate.

Menurut Daryono, Ketua Penyelenggara, SICF 2024 yang akan digelar Kamis (9/5/2024) sampai Minggu (12/5/2024) ini semakin memperkuat predikat Kota Solo sebagai kota wisata kuliner.

Dipilihnya tema soto, disebutkan Daryono karena soto merupakan salah satu makanan favorit masyarakat dari berbagai usia.

"Soto bukan menjadi menu kalangan tertentu, melainkan menu semua orang, dari pejabat sampai masyarakat biasa senang makan soto," terang Daryono saat jumpa pers, Jumat (24/4/2024).

Ditambahkan Daryono, soto bukan makanan khas Solo, namun berasal dari berbagai daerah, seperti Soto Boyolali, Soto Lamongan dan Soto Kudus.

Soto merupakan makanan yang merakyat, mendarah daging dan menjadi makanan favorit dan ada di berbagai daerah, sehingga diakui Daryono menginspirasi menjadi jamuan atau hidangan tamu nasioal sampai internasional.

Selain keberadaan soto, dijelaskan Daryono mampu memperkuat Kota Solo sebagai Food Smart City, di antara 200 kota lain di dunia.

Ke depan, Kota Solo diharapkan mampu menjadi contoh kota yang mampu memanajemen potensi pangan, sehingga berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja dan pengentasan kemiskinan.

Tidak hanya itu, festival ini diharapkan mampu menjadi ajang promosi potensi kuliner daerah, sehingga festival yang sudah memasuki tahun ke-9 juga
memperkenalkan kuliner nusantara yang jarang dikenal masyakarat atau kurang populer di Indonesiq, awbut saja lemang dari Minangkabau, Sumatera Barat.

Festival yang akan digelar di area Stadion Manahan ini diharapkan dapat menjadi peluang bisnis, karena langkah ini dijelaskan Daryono masuk kategori ekonomi kreatif.

Semoga tulisan tentang Solo Indonesia Culinary Festival 2024 angkat soto jadi tema utama ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Topik Menarik