Volume Kendaraan di Tol Trans Sumatera Diproyeksi Naik 49 Persen selama Lebaran 2024

Volume Kendaraan di Tol Trans Sumatera Diproyeksi Naik 49 Persen selama Lebaran 2024

Ekonomi | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 22:00
share

JAKARTA, iNews.id - Operator Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), PT Hutama Karya (Persero) memproyeksikan volume kendaraan bakal meningkat sekitar 49 persen selama periode Lebaran 2024 jika dibandingkan dengan periode normal. Peningkatan volume kendaraan di tol ini juga dikontribusikan dengan kehadiran ruas-ruas tol yang baru beroperasi.

"Mengingat trafik JTTS diprediksi akan meningkat sebanyak 49 persen jika dibandingkan trafik normal pada momen mudik ini ditambah beberapa ruas baru yang baru beroperasi dan dibuka secara fungsional," ujar Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo dalam keterangannya, Kamis (28/3/2024).

Tjahjo menambahkan, pada momen Mudik Lebaran 2024, Hutama Karya akan mengoperasikan sebanyak 21 rest area yang terdiri atas 9 rest area permanen, 6 rest area sementara dan 6 rest area fungsional. Sejumlah strategi juga disiapkan oleh Hutama Karya untuk mencegah terjadinya kepadatan di gerbang tol.

"Kami menambahkan alat mobile reader dan top-up asongan di gerbang tol untuk mempercepat transaksi, serta menyiapkan skema holding di rest area maupun rekayasa lalu lintas apabila diperlukan," tuturnya.

Dalam momen Mudik Lebaran tahun ini, Hutama Karya mengoperasikan sepanjang 609 kilometer (km) jalan tol yang terdiri dari 11 ruas yang telah beroperasi, 3 ruas yang masih belum bertarif atau gratis dan rencananya akan mengoperasikan secara fungsional 3 ruas tol sepanjang 113,45 km jalan tol yang terdiri dari Tol Bangkinang-Tanjung Alai (24,7 km), Tol Lima Puluh-Kisaran (32,15 km), Kuala Tanjung-Indrapura (9,47 km) dan Tebing Tinggi-Sinaksak (47,13 km).

Hutama Karya menghimbau kepada seluruh pengguna jalan untuk berkendara sesuai dengan tata tertib dan ketentuan yang berlaku di jalan tol. Berkendara dengan kecepatan minimum 60 km/jam dan maksimum 100 km/jam, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Pengguna jalan diminta untuk segera beristirahat di tempat istirahat terdekat apabila merasa mengantuk, dan apabila terdapat keluhan atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol, agar segera melapor ke Call Centre masing-masing ruas tol atau pantau terus informasinya melalui media sosial jalan tol Hutama Karya di @HutamaKaryaTollRoad.

Topik Menarik