Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 Lima Puluh-Kisaran Mau Rampung, Pangkas Waktu 2,5 Jam

Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 Lima Puluh-Kisaran Mau Rampung, Pangkas Waktu 2,5 Jam

Ekonomi | inews | Kamis, 9 Mei 2024 - 16:20
share

JAKARTA, iNews.id - PT Hutama Karya (Persero) akan mengoperasikan Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi II (Lima Puluh-Kisaran) sepanjang 32,15 kilometer (km) dalam waktu dekat. Ruas tersebut merupakan sambungan dari Jalan Tol Indrapura-Kisaran Seksi I (Indrapura-Lima Puluh) yang telah dioperasikan sejak 10 November 2023.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim menuturkan, dengan dioperasikannya seksi II ini, ruas Indrapura-Kisaran akan terhubung secara penuh.

Dia memastikan, tol tersebut akan mempersingkat waktu tempuh dari arah Medan menuju Kisaran yang semula 5 jam menjadi 2,5 jam saja. 

“Dengan terhubung secara penuh, tol ini akan mempersingkat waktu tempuh dari arah Medan menuju Kisaran yang semula 5 jam menjadi hanya 2,5 jam saja dan memudahkan pelancong dari arah bandara atau sebaliknya," ujar Adjib dalam keterangannya, Kamis (9/5/2024).

"Mobilitas masyarakat menjadi semakin tinggi dan membuat perjalanan antar kota menjadi lebih efisien,” tuturnya.

Dia menambahkan, ruas Lima Puluh-Kisaran telah dilakukan Uji Laik Fungsi (ULF) pada 29 Februari-31 Maret 2024 dengan hasil Standar Pelayanan Minimal (SPM) telah terpenuhi dan berfungsi dengan baik.

Selain itu, jalan tol ini juga telah diuji coba, dengan dioperasikan secara fungsional pada Mudik Lebaran 2024 kemarin selama lebih dari dua minggu atau periode 3-21 April 2024.

“Antusiasme dari masyarakat yang ingin melintas sangat tinggi, dilihat dari tingginya trafik kendaraan yang melintas selama Mudik Lebaran 2024 yang dilalui hampir 100.000 kendaraan dengan nihil kecelakaan,” katanya.

Dari sisi fasilitas, Hutama Karya telah menyiapkan 127 personil siaga yang terdiri dari petugas layanan operasi, paramedis dan patroli 27 kendaraan siaga, dua interchange yang terletak di Lima Puluh dan Kisaran, serta dua buah rest area yang terletak di Km 145 Jalur Adan B.

“Dengan berbagai fasilitas dan persiapan yang telah dilakukan, Hutama Karya telah siap mengoperasikan Tol Indrapura-Kisaran Seksi Lima Puluh-Kisaran ini agar dapat segera dinikmati oleh masyarakat sekitar,” ucapnya.

Selama masa sosialisasi, nantinya Seksi Lima Puluh-Kisaran ini masih belum dikenakan tarif atau belum berbayar. Namun, pengguna jalan tol tetap menyiapkan Kartu Uang Elektronik (UE) untuk tapping di gerbang tol dan tetap mengecek kecukupan saldo Kartu UE, dikarenakan untuk Seksi Indrapura-Lima Puluh telah ditetapkan tarif.

“Untuk tarif dari Seksi Lima Puluh-Kisaran diperkirakan sekitar 1.338 per Km-nya dan akan kami informasikan setelah Kepmen tarif jalan tol ini dikeluarkan oleh Kementerian PUPR,” ujarnya.

Topik Menarik