Jokowi Percaya PAN Sejalan dengan Semangat Pemerintah Terkait Reformasi

Nasional | sindonews | Published at Minggu, 23 Agustus 2020 - 20:58
Jokowi Percaya PAN Sejalan dengan Semangat Pemerintah Terkait Reformasi

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan secara virtual di hadapan ratusan tokoh dan pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) pada hari ulang tahun PAN yang ke-22.

Dalam sambutannya, Jokowi menyinggung soal reformasi di saat pandemi Covid-19 dan menyakini PAN sejalan dengan apa yang dijalankan pemerintah saat ini. "Kita harus memperkuat reformasi, langkah-langkah extraordinary (luar biasa), langkah-langkah perubahan yang fundamental, memanfaatkan momentum krisis untuk melakukan lompatan-lompatan kemajuan," kata Jokowi secara virtual yang disiarkan di Kantor DPP PAN yang baru di Jalan Amil No. 7, Kalibata, Pancoran, Jakarta, Minggu (23/8/2020). (Baca juga: Pesan Megawati untuk PAN: Teruslah Berbakti untuk Negeri Seperti Matahari)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini melanjutkan, meskipun reformasi itu sangat relevan dalam menghadapi krisis kesehatan dan krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19. Jokowi mengakui melakukan reformasi bukan hal yang mudah saat ini karena banyak rakyat Indonesia yang kini berada di zona nyaman baik secara ekonomi maupun status sehingga, merasa terusik ketika dilakukan perubahan-perubahan. (Baca juga: Soetrisno Bachir Ingin PAN Lakukan Lompatan Besar di 2024)

"Jangan takut dengan kompetisi dan jangan takut bersaing. Oleh sebab itu, kita harus ambil peluang momentum krisis untuk melakukan lompatan, kesempatan kita mengejar ketertinggalan kita di saat banyak negara maju mengalami kemunduran, kesempatan untuk membenahi berbagai kelemahan fundamental, kesempatan untuk mengeksekusi strategi-strategi besar negara," ujar Jokowi.

Politikus PDIP ini juga yakin PAN sejalan dengan apa yang dia sampaikan dan sejalan dengan apa yang dilakukan pemerintah saat ini. "Saya percaya PAN sejalan dengan semangat yang saya sampaikan tadi, semangat pemerintah yang sedang jalankan. Kita harus bergerak, serentak, mendobrak semua tantangan dengan melakukan langkah-langkah perbaikan yang extraordinary, untuk melakukan lompatan kemajuan untuk Indonesia maju yang kita cita-citakan," tambah Jokowi.

Artikel Asli