Cara Sederhana Membedakan Jok Kulit Asli dengan Sintetis, Cukup Ditekan Saja

Published 01/07/2020 07:37:00
Cara Sederhana Membedakan Jok Kulit Asli dengan Sintetis, Cukup Ditekan Saja

JAKARTA, iNews.id - Bagi Anda yang ingin memodifikasi interior kendaraan terutama bagian jok ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Bahan yang digunakan apakah menggunakan kulit sintetis, microfiber atau kulit asli.

Bagaimana cara membedakannya? Hardy, pemilik rumah modifikasi Hardy Classic Car mengatakan, sebelum memodifikasi jok sebaiknya memperhatikan bahan yang ditawarkan. Jangan sampai konsumen tertipu oknum workshop nakal.

Dia menyebutkan cara membedakan kulit asli dan sintetis sangat mudah. Kulit asli jika ditekan akan terdapat keriput, sementara sintetis tidak akan ada kerutan sama sekali.

"Buat edukasi ke temen-temen semua untuk membedakan kulit asli dan sintetis bisa dilihat dari keriput. Kalau ditekan kulit sintetis tidak ada keriput. Kulit asli ada keriput seperti ada serat-seratnya," ujar Hardy, dikutip dalam akun YouTube Hardy Clasic Car Interior.

Dia menuturkan, cara lain adalah dengan mencium bau pada bahan jok. Jok kulit asli biasanya mengeluarkan aroma khas, sedangkan bahan sintetis tidak ada bau sama sekali.

"Bahkan untuk kulit premium baunya khas, seperti ketika kita masuk dalam mobil mewah," kata Hardy.

Cara lainnya, lanjut dia, adalah dengan membakar bahan jok yang akan dipasang. Kulit sintetis jika dibakar biasanya akan menyala dan merambat dengan cepat.

Sementara kulit asli tidak mudah menyala walau dibakar. Kalaupun terbakar api cepat mati dan mengeluarkan aroma seperti bau kulit terbakar.

Artikel Asli